Senin, 28 April 2014

Ancaman Sains dan Teknologi Bagi Umat



Di antara hal yang di anggap modern di era ini adalah sains dan teknologi. Sains dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat bagi kehidupan manusia. Dalam setiap waktu para ahli dan ilmuwan terus mengkaji dan meneliti sains dan teknologi sebagai penemuan yang paling canggih dan modern. Keduanya sudah menjadi simbol kemajuan dan kemodernan pada abad ini. Oleh karena itu, apabila ada suatu bangsa atau negara yang tidak mengikuti perkembangan sains dan teknologi, maka bangsa atau negara itu dapat dikatakan negara yang tidak maju dan terbelakang.
Kembali ke topik Islam terkait dengan masalah sains dan teknologi. Pandangan Islam terhadap sains dan teknologi adalah bahwa Islam tidak pernah mengekang umatnya untuk maju dan modern. Justru Islam sangat mendukung umatnya untuk me-research dan bereksperimen dalam hal apapun, termasuk sains dan teknologi. Bagi Islam sains dan teknologi adalah termasuk ayat-ayat Allah yang perlu digali dan dicari keberadaannya. Ayat-ayat Allah yang tersebar di alam semesta ini Allah anugerahkan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Sains dan Teknologi yang semakin berkembang dari zaman ke zaman dan membawa banyak perubahan yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Baik pemanfaatan sains dan teknologi dalam dunia pendidikan, kesehatan, lingkungan, gaya hidup, dan lain-lain.
Tentu sangat diperlukan, akan tetapi tahukah kita bahwa dibalik semua itu terdapat ancaman sains dan teknologi yang tidak kita ketahui. Ancaman ini bisa saja muncul apabila ilmu sains dan teknologi digunakan tidak sesuai dengan tempatnya atau melanggar dari batasan yang seharusnya.
Sains dan Teknologi Berkembang secara cepat tanpa terkendali. Produk-produk modern hasil dari sains dan teknologi  semakin bermunculan. Belum habis masa jaya dari sebuah produk modern sudah muncul produk yang lebih canggih dari sebelumnya, begitu seterusnya. Sebenarnya perkembangan sains dan teknologi lebih dominan membawa manfaat, yaitu memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, pengobatan yang semakin bermutu,pendidikan semakin meningkat, dan lain-lain. Akan tetapi jika perkmebangan sains dan Teknologi kita ikuti tanpa mengimbangi dengan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah, maka akan memicu tindakan penyalahgunaan sains dan teknologi. Teknologi tidak lagi di paki dengan tujuan baik, sains sudah tidak hanya untuk membantu manusia tetapi juga bisa mencelakakan manusia.
A.   Sains
Sains merupakan ilmu yang mempelajari alam semesta beserta isinya. Aktifias sains ini adalah pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasikan oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan. Untuk memahami alam tersebut, serta keingian memanipulasi alam dalam rangka meluaskan keinginan atau kebutuhannya.

1.    Ancaman Sains Bagi Umat Manusia
Seperti kita ketahui ilmu sains sejak pertama kali dilakukan sudah memperoleh banyak sanjungan dan dorongan dari masyarakat-masyarakat. Dengan dalih bahwa ilmu sains akan sangat penting dikemudian hari bagi umat manusia terutama di bidang kesehatan. Walaupun tidak bisa kita pungkiri bahwa ilmu sains memang membawa dampak positif bagi umat manusia, kita tetap harus waspada terhadap perkembangan sains, karena belum tentu orang yang mempelajari perkembangan sains memiliki tujuan yang positif. Jika orang yang mempelajari sains dengan tujuan negatif, ini dapat membawa dampak negatif bagi umat manusia
Teori evolusi yang sangat kontroversial ini sesungguhnya telah menelurkan banyak sekali paham yang baru yang sangat bertentangan dengan apa yang telah dipegang masyarakat secara luas sebelumnya. Sama halnya ketika ditemukan komputer, maka masyarakat yang sebelumnya sangat ‘kolot’ istilahnya. Akhirnya harus mengubah paradigma berpikir mereka daripada menggunakan cara yang kuno dan tidak menarik, lebih baik melakukan hal yang baru, selain baru sebenarnya menarik pula. Itulah yang sebenarnya sedang terjadi di sebagian besar masyarakat dunia ini. Berikut adalah ancaman bagi umat manusia yang bisa ditimbulkan dari perkembangan sains.

a.    Ancaman Kehidupan dengan Senjata Biologis
     Senjata biologis adalah adalah senjata yang menggunakan agen biologis seperti kuman bakteri atau virus agar menyebabkan kesakitan hingga kematian pada manusia. Cara ini digunakan agar musuh dalam perang dapat dilumpuhkan seketika. Memang, kuman ini diperoleh secara alamiah. Akan tetapi, dengan bantuan kecanggihan bioteknologi saat ini, kuman-kuman tersebut dapat dimodifikasi sedemikian rupa dan menjadi kebal atau resisten terhadap pengobatan yang telah ada sehingga kemampuannya untuk menyebabkan penyakit dapat ditingkatkan. Selain itu, modifikasi pada struktur DNA kuman-kuman tersebut juga dilakukan untuk menambah kekuatan penyebaran agar semakin mudah menyebar ke lingkungannya baik melalui media perantara udara, air, atau makanan.
     Senjata biologis adalah salah satu bentuk penggunaan bioteknologi yang telah disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan di tengah kerugian orang lain. Dalam peperangan misalnya, senjata ini tidak hanya akan melumpuhkan musuh, masyarakat sekitar yang tidak mengerti apa-apa mengenai perang juga akan mendapat imbasnya, mengingat jauhnya jangkauan agen biologis yang dapat menginfeksi tersebut. Bioterorisme malah cenderung berdampak buruk dibanding penggunaan senjata lainnya karena sifatnya yang tidak terdeteksi ini. Walaupun pihak-pihak yang telah memutasi gen-gen dalam agen biologis tersebut tentunya sudah memiliki vaksin atau penangkal bagi penyakit yang mungkin dapat timbul, namun kenyataannya tidak semudah itu untuk membersihkan wabah yang telah menyebar. Lagi-lagi, masyarakatlah yang jadi imbasnya.

b.    Ancaman Tindak Kriminal dengan Pembuatan Minuman Keras
Minuman keras sudah ada sejak zaman dulu, dan ini merupakan implikasi dari hasil perkembangan sains umat manusia. Zaman dulu pembuatan anggur, arak, dan minuman keras lainnya masih menggunakan bahan-bahan sederhana dan menggunakan waktu yang relatif lama. Bahan-bahan pembuaan minuman keras juga masih diperoleh dari bahan-bahan alami. Tapi pada zaman sekarang, ketika sains sudah berkembang pesat. Pembuatan minuman keras sudah lebih efektif, bahan-bahan yang digunakan sudah tidak lagi menggunakan bahan-bahan alami, tapi menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Pembuatannya juga cepat, sehingga proses sirkulasi antara minuman keras dan konsumen juga berjalan cepat tanpa henti. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi umat manusia.
c.    Ancaman Kesehatan dan Kejahatan  dengan Penyalahgunaan Obat
Fungsi utama obat adalah untuk mnyembuhkan atau meredam sakit untuk jangka pedek atau jangka panjang. Tetapi semakin pintarnya pengetahuan manusia tentang sains dan obat-obatan. Obat tidak lagi berfungsi hanya sebagai penyembuh. Tetapi digunakan sebagai bahan untuk membuat narkotika. Obat-obat generik yang bisa kita temukan di warung-warung atau di rumah sakit digunakan sebagai bahan pembuat narkotika. Bahkan seseorang yang tidak tahu sekalipun tentang ilmu sains bisa menyalahgunakan obat-obat ini. Karena obat-obat generik bila dikonsumsi dengan jumlah yang banyak, bisa berdampak hilangnya kesadaran dalam jangka waktu yang lama. Peristiwa ini jelas sebagai dampak dari perkembangan sains.

d.    Ancaman Kerusakan Tubuh dengan Operasi plastik
Zaman sekarang operasi plastik sudah bukan hal yang janggal lagi. Tua dan muda sudah mengenal operasi plastik, terutama wanita. Operasi plastik juga merupakan hasil dari perkembangan sains yang semakin berkembang, dalam agama islam jelas dilarang melakukan operasi plastik tanpa alasan yang mendukung, seperto hanya untuk mempercantik wajah, untuk memancungkan hidung, dll. Tapi operasi plastik masih bisa di hallalkan dalam islam dengan alasan yang mendukung, misal dalam hal medis hilangnya sebagian anggota tunug atau anggota tubuh yang terbakar dan untuk memulihkannya harus melakukan operasi plastik. Itu pun hasil operasi tidak boleh berubah dari bentuk aslinya.

e.    Ancaman Perpindahan Gender dengan Operasi Kelamin
Didalam islam jelas dengan tegas dilarang mengganti kelamin aslinya menjadi kelamin lawan jenisnya. Misalnya laki-laki operasi kelamin menjadi perempuan, begitu pula sebaliknya. Operasi kelamin merupakan hasil dari perkembangan ilmu sains yang dapat merugikan umat manusia.


B.   Teknologi
            Teknologi adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah. Teknologi juga berkaitan erat dengan sains dan ilmu pengetahuan lain. Jadi bila teknologi berkembang, maka sains dan ilmu pengetahuan lain juga pasti berkembang. Didalam aspek kehidupan teknologi merupakan sahabat baik bagi manusia.
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun juga semakin berkembang. Banyak sekali kita rasakan pengaruh kemajuan teknologi, terutama pada gadget. Teknologi yang kian berkembang seringkali membantu kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Itulah manfaat dari perkembangan teknologi. Namun, ada sisi negatif dari perkembangan teknologi, misalnya membuat kita jadi terhipnotis dan cenderung lebih menyukai dunia maya serta melupakan dunia nyata. Kini ada orang yang mendapatkan kekasihnya melalui internet, khususnya lewat jejaring sosial. Sayangnya, hubungan tersebut seringkali kurang harmonis dibandingkan dengan cara tradisional, yaitu pertemuan nyata.
Sekarang, mulai dari balita sudah akrab dengan teknologi, misalnya dengan permainan dalam Laptop. Mereka lambat laun lebih tertarik dengan teknologi dan jika kurang diperhatikan, maka mereka cenderung hidup dengan gadget tersebut. Hingga kasih sayang orangtua kepadanya kurang terasa.Tak hanya itu, dampak negative juga sering saya liat dari para pengguna smartphone dan BlackBerry. Kedua gadget tersebut menjadi gadget yang paling banyak saya temukan di lingkungan sekitar saya, mulai dari anak-anak hingga dewasa, kebanyakan telah menggunakan BlackBerry yang terkenal karena fitur BlackBerry Messengger (BBM).
Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Berikut ini ada beberapa dampak negative dari perkembangan teknologi.

1.    Ancaman Tekhnologi Bagi Umat Manusia
       Teknologi yang semakin membantu, membuat manusia lebih mudah dalam melakukan berbagai hal. Misalnya memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Memudahkan manusia dalam memperoleh informasi, memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari, Tapi dibalik semua itu, perkembangan teknologi juga membawa pengaruh negatif yang sangat berbahaya bagi umat manusia. Berikut beberapa ancaman yang bisa timbul dari penyalahgunaan perkembangan teknologi.

a.    Ancaman Penurunan Moral dan Asusila dengan Pornografi dan Pornoaksi
Karena Kemudahan dan perkembangan internet . Kita dapat menemukan apa saja di dunia maya , termasuk hal yang berbau pornografi . Ternyata bukan orang dewasa saja yang mengakses situs - situs pornografi , banyak juga dari kalangan remaja dan anak - anak yang ternyata banyak mengakses situs - situs tersebut . Terbantu Oleh Masalah Anonymous di atas , bukan hal yang tidak mungkin anak - anak bisa mengakses situs - situs tersebut dengan mudah. Apalagi biasa nya rasa ingin tahu anak - anak sangat besar . Oleh karena itu rasa ingin tahu tersebut lebih baik jika di alihkan ke hal yang lebih positif , seperti membaca buku atau majalah.
b.    Ancaman Keselamatan dengan Penggunaan Bom Nuklir
Bom Nuklir merupakan senjata pemusnah masal yang sangat berbahaya. Senjata ini bisa membunuh ribuan bahkan jutaan orang dalam suatu wilayah dengan waktu yang singkat. Banyak negara-negara yang sudah mengembangkan senjata nuklir ini seperti israel, amerika,australia, dan negara-negara yahudi lainnya. Entah dengan alasan apa mereka membuat senjata nuklir itu. Yang pasti hal itu sangat mengancam umat manusia.
c.    Ancaman Terror dengan Pengembangan Pesawat Tanpa Awak
Pesawat tanpa awak merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Pesawat ini dapat terbang tanpa pngemudi berada didalam pesawat. Dengan kata lain pesawat ini dikendalikan dari jarak jauh dan alat canggih, sebenarnya tujuan pembuatan pesawat tanpa awak ini adalah untuk memantau daerah yang berbahaya dan tidak terjangkau oleh manusia. Tetapi bisa saja pesawat ini mengancam keselamatan umat manusia, jika digunkan untu aksi teroris.
d.    Ancaman generasi muda dengan Game
Game adalah salah satu perusak kualitas manusia. Dengan adanya game manusia dijauhkan dari hal-hal yang lebih bermanfaat, game membuat manusia lupa waktu dan menggunakannya hanya untuk perbuatan yang mubazir atau sia-sia.
e.    Ancaman bagi dunia pendidikan
Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
f.     Ancaman bagi bidang sosial dan budaya
Pola interaksi antar manusia yang berubah      Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
g.    Ancaman bagi bidang ekonomi dan industri
Bidang ekonomi dan industri tidak lepas dari kemajuan teknologi. Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya, seperti terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Serta sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”
h.    Ancaman bagi bidang informasi dan komunikasi
Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas). Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet  yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. Kecemasan teknologi Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS KELAS X BAHASA INDONESIA WAJIB (SMATAQ)

Dalam upaya untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMA Takhassus Al-Qur'an via daring, maka berikut tugas untuk kelas X b...