A. Pengertian Teknik Akrostik
Sudah
jelas bahwa tidak akan ada pembelajaran tanpa ingatan, oleh sebab itu kita
perlu mengetahui sedikit cara ingatan bekerja dan meningkatkannya. Terutama
karena sekitar 70% materi yang telah pelajari hari ini bisa terlupakan dalam 24
jam, jika kita tidak melakukan upaya khusus untuk mengingatnya.Untuk mengingat
materi yang sudah dipelajari, kita perlu merekamnya dengan kuat supaya
meninggalkan kesan, ini perlu tindakan. Oleh karena itu disini akan dijelaskan
terlebih dahulu apa definisi dari teknik akrostik.
Teknik
adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu
metode. Teknik sifatnya lebih praktis yang disusun untuk menjalankan suatu
metode dan strategi tertentu. Dengan kata lain, teknik pada dasarnya
menunjukkan cara yang dilakukan seseorang yang sifatnya lebih bertumpu pada
kemampuan dan pribadi seseorang. Kata akrostik berasal dari kata Perancis
acrostiche dan Yunani akrostichis yang artinya sebuah sajak yang huruf awal
baris-barisnya menyusun sebuah atau beberapa kata.
Adapun
pengertian akrostik menurut beberapa pendapat ialah:
·
Menurut Sutisno akrostik merupakan penggunaan setiap huruf
pertama dari suatu kelompok kata dan suku kata-suku kata lainnya sehingga
menjadi suatu kalimat.
·
Menurut Bill Lucas akrostik adalah sajak atau susuanan
kata-kata yang seluruh huruf awal atau akhir tiap barisnya merupakan sebuah
kata atau nama diri yang digunakan untuk mengingat hal lain.
·
Menurut Mario Seto akrostik adalah kata yang menggunakan
huruf pertama untuk membuat satu frase guna membantu mengingat daftar.
·
Menurut Deasy akrostik adalah mengingat dengan mengambil
huruf depan dari masing-masing kata yang akan diingat.
·
Menurut Markowitz akrostik adalah susunan kata yang tidak
selalu menggunkan huruf pertama dan tidak selalu menghasilkan singkatan dalam
bentuk satu kata, informasi yang diingat dalam akrostik dapat berbentuk kalimat
atau frase tertentu.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa teknik
akrostik adalah cara yang dilakukan oleh guru untuk memudahkan siswa untuk
mengingat sebuah materi yang ingin diingat dengan cara menggunakan huruf awal,
tengah atau akhir dalam sebuah kalimat atau frase tertentu. Misalnya untuk
mengingat urutan warna-warni pelangi digunakan akrostik mejikuhibiniu: merah,
kuning, hijau, biru, nila, ungu. Contoh lain kita dapat mengingat huruf-huruf
Qoloqolah dalam pelajaran tajwid membaca alquran dengan membuat akrostik “baju
di toko” (Ba', Jim, Dal, Tho, Qof).
Teknik akrostik ini erat kaitannya dengan akronim yang
membantu kita mengingat item-item suatu informasi. Akronim sendiri adalah
kata-kata atau kalimat yang disusun untuk memperkuat daya ingat dengan cara
mengingatkan kita dengan huruf pertama dari suatu hal penting yang perlu kita
ingat lagi. Salah satu akronim yang terkenal adalah NASA, badan ruang angkasa
Amerika Serikat yang singkatan dari National Aeronautics Space Administration.
Akronim lain yang biasanya diajarkan kepada anak-anak sekolah, antara lain
ASEAN (Association of South East Asian Nations).
Teknik akrostik juga tidak terlepas dari istilah ingatan
karena ingatan merupakan proses biologis, yakni informasi diberi kode dan
dipanggil kembali. Pada dasarnya ingatan adalah sesuatu yang membentuk jati
diri manusia dan membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya. Ingatan memberi
manusia titik-titik rujukan pada masa lalu dan perkiraan pada masa depan.
Ingatan juga merupakan kumpulan reaksi elektromia yang rumit
yang diaktifkan melalui saluran inderawi dan disimpan dalam jaringan saraf yang
sangat rumit dan unik diseluruh bagian otak.Ingatan yang sifatnya dinamis ini terus
berubah dan berkembang sejalan dengan bertambahnya informasi yang
disimpan.Berkat bantuan teknologi modern, para ilmuwan telah membuat langkah
penting untuk memetakan proses-proses rumit yang disebut ingatan ini.
Adapun otak manusia bisa menerima dan memproses sejumlah
besar informasi yang inderawi yang dipicu oleh kira-kira 100 juta neuron yang
memiliki kapasitas untuk membuat triliunan sambungan antarsel.Triliunan
sambungan selular yang saling berhubungan tersebut mengaktifkan pembelajaran,
kesadaran, kecerdasan, dan ingatan manusia. Seperti bola salju yang bergerak
menuruni lembah dengan kecepatan yang makin tinggi dan menjadi semakin besar,
ingatan kita akan tumbuh dengan seringnya pemakaian seolah-olah tidak akan
penuh.
B.
Pelaksanaan Teknik Akrostik
Seorang guru dituntut untuk dapat
mengembangkan program pembelajaran yang optimal, sehingga terwujud proses
pembelajaran yang efektif dan efesien. Belajar merupakan proses yang sangat
penting dilakukan oleh siswa, karena tanpa adanya hasil belajar yang memadai
mereka akan kesulitan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam masyarakat.
Dengan sistem penyampaian yang dalam
garis besarnya adalah strategi penyampaian program belajar mengajar. Teknik
merupakan aspek yang amat penting dan menentukan dalam pelaksanaan program
belajar mengajar, terutama apabila dipandang dari segi pendidikan sebagai
proses. Program belajar mengajar sebagai proses pendidikan terdiri dari
interaksi dan komunikasi antara guru, murid dan sumber belajar lainnya dengan
murid.
Metode mengajar adalah sistem
penggunaan teknik-teknik dalam interaksi dan komunikasi antara guru dan murid
dalam pelaksanaan sebagai proses belajar mengajar sebagai proses pendidikan.
Proses mengajar mempunyai dua aspek yaitu aspek ideal dan aspek teknis. Secara
ideal harus diingat bahwa program belajar mengajar adalah sarana untuk mencapai
tujuan pendidikan.Oleh karena itu, yang harus menjadi pedoman utama adalah
bagaimana mengusahakan perkembangan anak didik yang optimal, baik sebagai
perseorangan maupun sebagai anggota masyarakat. Aspek ideal ini harus tertanam
dalam sikap dasar seorang guru sebagai pendidik dan diwujudkan dalam cara
pendekatan guru terhadap murid sesuai dengan tahap perkembangannya, serta
dilaksanakan, baik secara individual atau kelompok maupun klasikal.
Adapun mengenai pelaksanaannya teknik
akrostik adalah dengan:
·
Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
·
Guru mengambil huruf depan dari materi yang ingin dihafalkan
·
Huruf depan yang telah diambil digabungkan atau dibuat
singkatan untuk mempermudah dalam mengingat
·
Evaluasi.
·
Penutup
C.
Manfaat Teknik Akrostik
Berbicara manfaat, teknik akrostik
ini memiliki banyak manfaat diantaranya:
·
Dapat membantu siswa dalam menghadapi berbagai tujuan agenda
pembelajaran yang berpacu dengan waktu. Karena apabila siswa dapat menggunakan
teknik akrostik dengan efisien, maka mereka dapat memaksimalkan waktu belajar.
·
Dapat mengejar target menjadi lebih mudah karena persyaratan
mendasar telah dipenuhi dan masih tersisa waktu untuk mempelajari pelajaran
pilihan pribadi.
·
Dapat membuat materi menjadi bermakna dengan memakai
asosiasi dan sebagainya. Dengan menggunakan teknik akrostik ini, maka dapat
memberikan jalan sistematis untuk merekam dan mendapatkan kembali materi.
·
Mampu mengurangi waktu mengerjakan pekerjaan sekolah dan
memberi waktu luang untuk mencapai tujuan yang lebih personal juga dapat
mempersiapkan kita meraih keberhasilan di sekolah dan dibidang profesional.
·
Dapat membantu siswa mengingat informasi lebih cepat dan
mempertahankan lebih lama.
·
Membantu siswa dalam mempelajari bahan ujian dengan berbagai
bentuk tes dengan mudah.
Teknik Menulis Puisi Akrostik
Akrostik berasal dari kata Perancis acrostiche dan Yunani
akrostichis yang artinya sebuah sajak yang huruf awal baris-barisnya menyusun
sebuah atau beberapa kata (www.sejuta-puisi.blogspot.com).Di dalam puisi
akrostik menggunakan huruf dalam sebuah kata untuk memulai tiap-tiap baris
dalam puisi, semua baris dalam puisi menceritakan atau mendeskripsikan topik
kata yang penting.Puisi akrostik berbeda dengan puisi-puisi lain karena
huruf-huruf pertama tiap baris mengeja sebuah kata yang dapat dibaca secara vertikal.Pola
rima dan jumlah angka baris dapat bervariasi dalam puisi akrostik karena puisi
akrostik lebih dari puisi deskriptif yang mana menjelaskan kata yang dibentuk.
Dari penjelasan mengenai puisi akrostik di atas, siswa akan lebih mudah
menyusun kata-kata karena sudah ada rangsangan sebelumnya dari huruf awal yang
disusun secara vertikal dan membentuk kata. Puisi akrostik ini merupakan salah
satu kegiatan menulis puisi yang paling sukses untuk menulis pemula, berikut
ini tentang penulisan puisi dengan teknik akrostik :
1. Menulis puisi akrostik sangat mudah
dan menyenangkan.
2. Huruf kapital selalu dimulai pada
tiap-tiap baris baru.
3. Membaca dan kembali membaca membantu
menemukan kata yang baik.
4. Kalimat tidaklah terlalu penting.
5. Masalah kurangnya pemahaman kita
dalam perbendaharaan kata,kita dapat melihat kamus.
Dalam menulis puisi akrostik ini,
perbendaharaan kata masing-masing berbeda. Pengalaman dalam membaca puisi
sangat mempengaruhi hasil tulisan puisi. Semakin banyak dalam membaca puisi,
maka semakin banyak pula kata-kata yang akan dipilihnya dan dikembangkan dalam
puisinya sehingga hasil karya puisinya pun mempunyai nilai estetika yang
semakin tinggi pula.
Kukenang engkau dihatiku
Entah kenapa hati ini sangat sedih
Rinduku padamu tak terhingga
Ingin rasanya aku bertemu denganmu
Namun aku tak rela kau pergi dariku
Dunia terasa senyap tak berbintang lagi
Untuk semua masa yang pernah kita lewati
Andaikan aku bisa bertemu denganmu
Nanti kita bisa bersama lagi
Hatiku menangis perih tertusuk duri
Aku di sini sangat merindukanmu
Tak ada yang kuasa menolak kedatanganmu
Ingatkah engkau kepadaku
Ku hanya ingin kau tahu
Untuk masa yang lebih indah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar