Rabu, 17 September 2014

CONTOH RPP TEKS EKSPOSISI (SMP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Kelas/ Semester
:
VII/ Gasal
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Topik/ Tema
:
Teks Eksposisi
Pertemuan Ke-
:
1-3
Alokasi Waktu
:
6 x 40 menit (3 kali pertemuan)








A.        Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1   Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
3.1.1      Memahami teks eksposisi baik lisan maupun tertulis.
3.1.2      Memahami struktur teks eksposisi.
3.1.3     Memahami ciri-ciri bahasa teks eksposisi.
4.1    Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1      Mencari dan mengidentifikasi teks eksposisi secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
4.1.2      Menyusun teks eksposisi secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
4.1.3      Mengidentifikasi teks eksposisi secara mandiri baik lisan maupun tertulis.
4.1.4      Menyusun teks eksposisi secara mandiri baik lisan maupun tertulis.


C.     Tujuan Pembelajaran
1.    Pertemuan Ke-1 (2 JP)
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·         Memahami teks eksposisi baik lisan maupun tertulis.
·         Memahami struktur teks eksposisi.
·         Memahami ciri-ciri bahasa teks eksposisi.
2.    Pertemuan  Ke-2 (2 JP)
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·         Mencari dan mengidentifikasi teks eksposisi secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
·         Menyusun teks eksposisi secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
3.    Pertemuan Ke-3 (2 JP)
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·         Mengidentifikasi teks eksposisi secara mandiri baik lisan maupun tertulis.
·         Membuat teks eksposisi secara mandiri baik lisan maupun tertulis.

D.     Materi Pembelajaran
1.    Pertemuan Ke-1 (2 JP)
·         Teks Eksposisi
-          Membangun konteks dengan pidato Bung Tomo dan gambar berjudul “Remaja Bermain Angklung”.
-          Pengenalan teks eksposisi.
-          Mengetahui isi teks eksposisi berjudul “Remaja dan Pendidikan Karakter”.
-          Struktur teks eksposisi
2.    Pertemuan Ke-2 (2 JP)
·         Teks Eksposisi
-          Menyusun teks eksposisi dengan judul teks “Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia”.
-          Mengenal unsur kebahasaan kalimat dalam teks eksposisi.
3.    Pertemuan Ke-3 (2 JP)
·         Teks Deskripsi
-          Menulis teks eksposisi.
-          Memahami pendidikan karakter melalui puisi.

E.     Metode Pembelajaran
·         Pendekatan            : Scientific.
·         Model                      : Pengamatan, diskusi, tanya jawab, dan presentasi.

F.     Alat/Media Dan Sumber Pembelajaran
1.    Media Pembelajaran
·      Power Point (Prezi)
·      LCD
·      Leptop
2.    Alat dan bahan
·         LKS (Buku pegangan siswa)
·         Contoh Teks Eksposisi
·         Gambar
·         Audio Video
3.    Sumber Belajar
Isnatun, Siti dan Umi Farida. Mahir Berbahasa Indonesia. 2013. Bogor: Yudhistira
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah Pembelajaran
1.    Pertemuan Ke-1 (2JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa. Peserta didik merespon salam dan berdoa bersama.
·         Guru melakukan presensi, dan peserta didik meresponnya.
·         Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menanggapi pertanyaan dari guru.
·         Guru menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
·         Guru memberikan contoh teks eksposisi kepada peserta didik.
5 menit
Kegiatan Inti
Mengamati:
·         Siswa mengamati pidato Bung Tomo.
·         Siswa mengamati contoh teks eksposisi yang berjudul “Remaja dan Pendidikan Karakter”
Menanya:
·         Siswa menanya tentang teks eksposisi (pengertian, struktur dan ciri-ciri).
Mengeksplorasikan:
·         Membaca teks eksposisi (Teks berjudul “Remaja dan Pendidikan Karakter”) dengan cermat.
·         Menjawab/mengajukan pertanyaan tentang isi teks eksposisi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis).
·         Mencari pengertian, ciri-ciri dan struktur teks eksposisi.
Mengasosiasikan:
·         Menemukan contoh teks eksposisi yang hampir mirip.
·         Membandingkan dua teks eksposisi.
·         Memahami pengertian, ciri-ciri dan struktur teks eksposisi
Mengomunikasikan:
·         Mempresentasikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di buku dengan struktur kalimat lengkap dan penuh percaya diri.
·         Menanggapi hasil presentasi secara santun.
·         Saling menilai kebenaran jawaban teman.
70 menit
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
·         Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
5 menit

2.    Pertemuan Ke-2 (2JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan bedoa bersama.
·         Guru melakukan presensi. Peserta didik merespon guru yang sedang melakukan presensi.
·         Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menaggapi pertanyaan dari guru.
·         Guru menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
5 menit
Kegiatan Inti
Mengamati:
·         Membentuk kelompok diskusi.
·         Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan teks eksposisi.
·         Mengamati  dan atau membaca objek dengan cermat.
·         Mengamati teks berjudul “Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia”.
Menanya:
·         Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan langkah menyusun teks eksposisi dan menekankan pembuatan pada struktur teks eksposisi.
·         Menanya tentang kata atau istilah dalam teks eksposisi (unsur kebahasaan).
Mengeksplorasikan:
·         Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan teks eksposisi.
·         Mendiskusikan ciri bahasa teks eksposisi (kata/kalimat yang menunjukkan sikap penulis, pemakaian kata sambung untuk menunjukkan hubungan sebab akibat).
·         Mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksposisi yang dibaca.
·         Mengidentifikasi sebuah kalimat pada teks eksposisi dan menjelaskan maknanya serta memberi alasan mengapa penulis memakai kata/istilah/kalimat tersebut (efek yang ditimbulkan kepada pembaca).
Mengasosiasikan:
·         Menyusun teks eksposisi yang masih acak berjudul “Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia”.
·         Menemukan kalimat yang menunjukkan sikap penulis dan membuat kalimat lain dengan bentuk yang berbeda.
·         Menemukan kata dalam kalimat, kemudian menentukan unsur kebahasaannya (subjek, predikat, objek, keterangan).
Mengomunikasikan:
·         Membacakan hasil tulisan teks eksposisi di depan teman-teman dengan percaya diri.
·         Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan.
70 menit
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
·         Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
5 menit

3.    Pertemuan Ke-3 (JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan bedoa bersama.
·         Guru melakukan presensi. Peserta didik merespon guru yang sedang melakukan presensi.
·         Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menaggapi pertanyaan dari guru.
·         Guru menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
5 menit
Kegiatan Inti
Mengamati:
·         Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan teks eksposisi.
·         Mengamati  dan atau membaca objek dengan cermat.
·         Mengamati pusisi berjudul “Dengan Puisi Aku” karya Taufiq Ismail.
Menanya
·         Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan  langkah menyusun teks eksposisi.
·         Menanya cara memahami pendidikan karakter melalui puisi.
Mengeksplorasikan
·         Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan teks eksposisi.
·         Menentukan judul tulisan secara individu.
·         Menulis kalimat topik.
·         Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang di tuliskan.
Mengasosiasikan
·         Menemukan kalimat yang menunjukkan sikap penulis dan membuat kalimat lain dengan bentuk yang berbeda.
·         Menemukan kata atau istilah yang sama dalam teks eksposisi dan menggunakannya dalam kalimat.
·         Menemukan dan memahami pendidikan karakter dari puisi.
Mengomunikasikan
·         Membacakan hasil tulisan teks eksposisi di depan teman-teman dengan percaya diri
·         Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan
70 menit
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
5 menit


H.     Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
1.    Jenis/ teknik penilaian
Kompetensi sikap             : Observasi
Kompetensi pengetahuan : Test tertulis
Kompetensi ketrampilan   : Praktikum

2.    Bentuk Instrumen
a.    Lembar Pengamatan Sikap pada saat kegiatan KBM
Nama siswa                        : .........................................
Kelas                                   : .........................................
Tanggal Pengamatan         : .........................................
Materi Pokok                      : .........................................

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
Kurang
2
sedang
3
baik
1
2

3


4

Rasa ingin tahu.
Ketelitian dalam melakukan diskusi kelompok.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
Ketrampilan berkomunikasi pada saat pembelajaran.



Jumlah Skor



Petunjuk Penskoran:
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

b.    Instrument Penilaian Ketrampilan pada saat KBM
Nama siswa                : .........................................
Kelas                           : .........................................
Tanggal pengamatan  : .........................................
Materi Pokok              : .........................................
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
2

3

4
5
Berani presentasi di depan kelas
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Mampu membuat keputusan dengan cepat
Tidak mudah putus asa/ pantang menyerah




Jumlah Skor




                                                                                                               
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


c.    Instrument Penilaian Pengetahuan
Instrumen Penilaian
·         Jenis penilaian                    : Tes Tertulis
·         Bentuk instrument              : Essay pendek



Kisi-Kisi Soal
No
Materi
Indikator
Pencapaian Hasil Belajar
Jumlah Soal
C1
C2
C3




























Jumlah Total





Pedoman Penskoran :



Mengetahui,
Guru Pembimbing



Tri Maryati, S.Pd.
Yogyakarta,                   2014


Guru Kelas



Ardy Suryantoko
NBM:                                                                 NIM: 11003146


1 komentar:

  1. terimakasih atas masukannya :) ini juga sedang dalam proses pembelajaran tentang kurikulum 2013.

    BalasHapus

TUGAS KELAS X BAHASA INDONESIA WAJIB (SMATAQ)

Dalam upaya untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMA Takhassus Al-Qur'an via daring, maka berikut tugas untuk kelas X b...