Selasa, 23 September 2014

CONTOH RPP TEKS ANEKDOT (SMA)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMA 2 Wonosobo
Kelas/ Semester           : X/1(Ganjil)
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Topik                           : Teks Anekdot
Pertemuan Ke-            :
Alokasi  Waktu           : 2 x 45

A.    Kompetensi Inti
KI 1          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2          Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3          Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4          Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan.
C.    Indikator
1.      Membaca teks anekdot.
2.      Mencari unsur-unsur teks anekdot.
3.      Membedah struktur teks anekdot.
4.      Membuat dialog berbentuk teks anekdot.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu membaca teks anekdot.
2.      Siswa mampu mencari unsur-unsur teks anekdot.
3.      Siswa mampu membedah struktur teks anekdot.
4.      Siswa mampu membuat dialog berbentuk teks anekdot.
E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengenalan struktur isi teks anekdot.
2.      Pengenalan ciri bahasa  teks anekdot.
3.      Pemahaman isi teks anekdot.
4.      Makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
5.      Pemahaman isi teks anekdot.
F.     Strategi/Metode/Pendekatan Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran Saintifik.
2.      Metode: Mengamati, Mempertanyakan, Mengeksplorasi, Mengasosiasikan, dan Mengkomunikasikan.
3.      Kerja Individu.
4.      Kerja Kelompok.
5.      Presentasi.
G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
1.     Kegiatan awal
1        Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan bedoa bersama.
2        Guru melakukan presensi. Peserta didik merespon guru yang sedang melakukan presensi.
3        Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menaggapi pertanyaan dari guru.
4        Guru menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar,dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
10 menit
2.     Kegiatan Inti



























Mengamati
1.      Peserta didik membaca contoh  teks anekdot dengan rasa ingin tahu.
2.      Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).
3.      Peserta didik membaca contoh teks anekdot yang lain.
Mempertanyakan
1.      Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dengan cermat.
2.      Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot dengan bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi
1.      Peserta didik menemukan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).
2.      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
3.      Peserta didik menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
Mengasosiasikan
1.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
2.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
1.      Peserta didik mengomunikasi-kan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antarkelompok.
2.      Peserta didik mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dengan rasa percaya diri.
3.      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
70 menit





























3.Kegiatan Akhir
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2.      Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.      Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
4.      Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
10 menit

H.    Sumber
1.      Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas X
I.       PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.  Membaca teks anekdot.


2.  Mencari unsur-unsur teks anekdot.



3.  Membedah struktur teks anekdot.



4.  Membuat dialog berbentuk teks anekdot.

Penilain observasi


Penilaian observasi
kinerja penulisan teks anekdot.

Penilian observasi kinerja penulisan teks anekdot.

Latihan menyusun teks anekdot.
Lembar penilaian sikap.

Tes tertulis dan rubrik penilaian kinerja.


Tes tertulis dan rubrik penilaian kinerja.


Lembar tugas latihan dan rubrik penilaian latihan.

















Lampiran 1: Lembar Pengamatan

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                : X/1 (Ganjil
Tahun Ajaran                    : 2014/2015
Waktu Pengamatan           : Saat proses pembelajaran berlangsung

No
Nama Siswa
Penggunaan Diksi
Keefektifan Kalimat
Kesesuaian Konteks
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
















2
















3
















4
















5

















Keterangan
1        : Sangat Kurang
2        : Kurang
3        : Sedang
4        : Baik
5        : Sangat Baik










Lampiran 2 : Lembar Pengamatan

LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1 (ganjil)
Tahun Ajaran              : 2014/2015
Waktu Pengamatan     : Proses pembelajaran berlangsung
Karakter yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah kerja keras dan tanggungjawab

Indikator perkembangan karakter kreatif,komunikatif,dan kerja keras.
1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum konsisten.
3.      MB (mulai berkembang) jikamenunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam meneyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai konsisten.
4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan konsisten.

No
Nama Siswa
Kreatif
Kominikatif
Kerja Keras
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1













2













3













4













5




















Lampiran 3 : Pedoman Penskoran

No
Aspek
Skor
1
Siswa menjawab benar dengan alasan benar
3
2
Siswa menjawab pernyataan benar tetapi alasan salah
2
3
Siswa menjawab pernyataan salah
1

Skor Maksimal
6



Mengetahui,                                                               Yogyakarta, 24 Maret 2014
Kepala Sekolah                                                         Guru Mapel Bahasa Indonesia

(Bisri Musthofa)                                                        ( Ardy Suryantoko )
NIP/NIK :11003145                                                  NIP/NIK: 11003146

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS KELAS X BAHASA INDONESIA WAJIB (SMATAQ)

Dalam upaya untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMA Takhassus Al-Qur'an via daring, maka berikut tugas untuk kelas X b...