RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA 2 Wonosobo
Kelas/ Semester : X/1(Ganjil)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Teks Anekdot
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu :
2 x 45
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot baik
secara lisan maupun tulisan.
C.
Indikator
1.
Membaca teks anekdot.
2.
Mencari unsur-unsur teks anekdot.
3.
Membedah struktur teks anekdot.
4.
Membuat dialog berbentuk teks anekdot.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu membaca teks anekdot.
2.
Siswa mampu mencari unsur-unsur teks
anekdot.
3.
Siswa mampu membedah struktur teks
anekdot.
4.
Siswa mampu membuat dialog berbentuk
teks anekdot.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengenalan struktur isi teks anekdot.
2.
Pengenalan ciri bahasa teks anekdot.
3.
Pemahaman isi teks anekdot.
4.
Makna kata, istilah, dan ungkapan dalam
teks anekdot.
5.
Pemahaman isi teks anekdot.
F.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran Saintifik.
2. Metode:
Mengamati, Mempertanyakan, Mengeksplorasi, Mengasosiasikan, dan
Mengkomunikasikan.
3.
Kerja Individu.
4.
Kerja Kelompok.
5.
Presentasi.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
1.
Kegiatan
awal
|
1
Guru membuka pelajaran dengan
salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan bedoa bersama.
2
Guru melakukan presensi. Peserta
didik merespon guru yang sedang melakukan presensi.
3
Guru memberikan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menaggapi
pertanyaan dari guru.
4
Guru menyampaikan Kompetensi
Inti, Kompetensi Dasar,dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
|
10
menit
|
2.
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Peserta
didik membaca contoh teks anekdot
dengan rasa ingin tahu.
2. Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan
coda).
3. Peserta
didik membaca contoh teks anekdot yang lain.
Mempertanyakan
1. Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis,
respon, dan coda) dengan cermat.
2. Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot dengan
bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi
1. Peserta
didik menemukan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis,
respon, dan coda).
2. Peserta
didik menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses
material, dan konjungsi temporal).
3. Peserta
didik menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
Mengasosiasikan
1. Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
(abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dan ciri bahasa teks anekdot
(pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
2. Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks
anedot dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
1. Peserta
didik mengomunikasi-kan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan
antarkelompok.
2. Peserta
didik mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dengan rasa
percaya diri.
3. Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
70
menit
|
3.Kegiatan
Akhir
|
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2. Guru
dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Guru
bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
4. Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
|
10
menit
|
H.
Sumber
1.
Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas X
I.
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1. Membaca
teks anekdot.
2. Mencari
unsur-unsur teks anekdot.
3. Membedah
struktur teks anekdot.
4. Membuat
dialog berbentuk teks anekdot.
|
Penilain
observasi
Penilaian observasi
kinerja penulisan
teks anekdot.
Penilian
observasi kinerja penulisan teks anekdot.
Latihan menyusun
teks anekdot.
|
Lembar
penilaian sikap.
Tes tertulis
dan rubrik penilaian kinerja.
Tes tertulis
dan rubrik penilaian kinerja.
Lembar tugas
latihan dan rubrik penilaian latihan.
|
Lampiran 1: Lembar Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X/1 (Ganjil
Tahun Ajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan : Saat proses pembelajaran
berlangsung
No
|
Nama Siswa
|
Penggunaan
Diksi
|
Keefektifan
Kalimat
|
Kesesuaian
Konteks
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||
5
|
Keterangan
1
: Sangat Kurang
2
: Kurang
3
: Sedang
4
: Baik
5
: Sangat Baik
Lampiran 2 : Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN AKHLAK DAN
KEPRIBADIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1 (ganjil)
Tahun Ajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan : Proses pembelajaran berlangsung
Indikator perkembangan karakter
kreatif,komunikatif,dan kerja keras.
1.
BT (belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.
MT (mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi
masih sedikit dan belum konsisten.
3.
MB (mulai berkembang) jikamenunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam meneyelesaikan tugas yang cukup sering dan
mulai konsisten.
4.
MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus dan konsisten.
No
|
Nama Siswa
|
Kreatif
|
Kominikatif
|
Kerja Keras
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
Lampiran 3 : Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Siswa menjawab
benar dengan alasan benar
|
3
|
2
|
Siswa menjawab
pernyataan benar tetapi alasan salah
|
2
|
3
|
Siswa menjawab
pernyataan salah
|
1
|
Skor Maksimal
|
6
|
Mengetahui,
Yogyakarta,
24 Maret 2014
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia
(Bisri
Musthofa) (
Ardy Suryantoko )
NIP/NIK
:11003145 NIP/NIK:
11003146
Tidak ada komentar:
Posting Komentar