Kamis, 18 September 2014

PENGANTAR PENDIDIKAN ISLAM



Pengantar Pendidikan Islam

A.  Pengertian Pendidikan Islam
Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/ latihan bagi peranannya di masa yang akan datang (UU No. 2 Th. 1989 Tentang SISDIKNAS)
Pendidikan menurut beberapa pendapat ulama Islam:
1.      Ibn Maskawih (421 H.): Pembinaan yang dilakukan secara serius melalui proposionalitas dengan memperhatikan kapasitas murid sehingga memperoleh hasil yang dilakukan sejak dini. (Minhaju al-Quran fi Tarbiyyati ar-Rijal (ttp: Maktabah Syirkah, vet. I, 1981), hlm. 5.
2.      An-Nahlawi dalam Usulu at-Tarbiyah…: Pendidikan adalah kegiatan yang betul-betul memiliki sasaran, tujuan dan target sesuai dengan syariat agama yang dilakukan dengan metodologi proposional serta memperhatikan tahapan-tahapan dari perkembangan anak. Ibid…. an-Nahlawi Usulu at-Tarbiyyah, hlm. 32.
3.      Dr.Kholid Bin Hami al-Hazimi dalam Usulu at-Tarbiyah al-Islamiyah: pendidikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan secara sunguh-sungguh melalui bembingan keimanan serta pemberian pemahaman, serta intraksi aktif antara keduan fihak Ini adalah hasil definisi final yang dilakukan al-Hazimi setelah merinci pembagian pendidikan secara umum dan khusus yang diawali dengan pengartian mufradat serta pendapat-pendapat para ulama. Rincinya baca  Hamid al-Hazimi, Usulu at-Tarbiyyah al-Islamiyah (Riyadh:Dar ‘Alim al-Kutub, cet. I, 2000), hlm17-22.
Dari beberapa pendapat di atas yang dimaksud pendidikan Islam adalah proses pembinaan, penumbuhkembangan ilmu, kesadaran, sikap, spiritualitas seorang manusia agar menyadari tujuan, fungsi dan perannya di bumi (sebagai hamba dan khalifah). Jadi perbedaan mendasar dengan definisi pendidikan pada umumnya adalah pada sisi spiritualitas manusia. Sedangkan sumber pendidikan Islam adalah al-Qur’an dan as-sunnah.

B.  Istilah-Istilah Pendidikan Dalam Islam
Di dalam pendidikan Islam juga memiliki beberapa istilah yang ada di dalamnya, berikut akan dibahas mengenai istilah sekaligus penjelasannya.
1.      Tarbiyah (pendidikan).
Tarbiyah adalah Rabaa yaribuu yang artinya bertambah dan berkurang. [ar-Rum (30): 39]. Rabiya yarbu, artinya bertumbuh dan berkembang. Rabba yarubbu artinya memperbaiki, menguasai, memimpin, menjaga dan memelihara. Maka yang dimaksud dengan Tarbiyah adalah menjaga dan memelihara, mengembangkan potensi berdasarkan bakat anak, dan mengerahkan segenap usaha dalam mengembangkan potensi tersebut secara bertahap sehingga mencapai kesempurnaan.

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا [الإسراء/24]
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”
2.      Ta’lim (pengajaran).
Ta’lim berasal dari kata ‘allama yu’allimu, artinya mengajarkan. Dengan menggunakan teori istiqoq (etimologi) terkait dengan kata ‘alima ya’lamu, artinya mengetahui. Pengetahuan yang didapat dari proses pengajaran. Juga terkait dengan kata ‘amila ya’malu yang artinya berbuat. Perbuatan itu dilakukan karena kesadaran.
Karakteristik Ta’lim; (1) pengembangan dalam hal kognisi, dan perbuatan yang dilatih, (2) pembinaan akal, (3) dalam bahasa lainnya dapat disebut dengan pembelajaran.

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ [النحل/78]
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui apapun, Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.”
3.      Ta’dib (pembinaan).
Pengertian Ta’dib; kata ta’dib bersal dari kata adab, yang artinya akhlaq, perbuatan dan prilaku. Jadi Ta’dib adalah proses pembinaan akhlaq dan prilaku. Ciri-ciri utamanya adalah berorientasi pada akhlaq, perilaku, kepribadian dan sikap.
C.  Tujuan Pendidikan Islam
Setiap pendidikan pasti mempunyai sebuah tujuan atau hasil yang harus dicapai dalam setiap proses pembelajarannya. Seperti dalam pendidikan Islam hasil yang harus dicapai adalah sebagai berikut.
1.      Tujuan pendidikan adalah agar peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan fitrahnya yang ia miliki sehingga terbinanya kehidupan yang mandiri dan berbobot.
2.      Tujuan Pendidikan adalah terwujudnya kehidupan yang ideal dalam segala segi, yang dalam hal ini tebntuk melalui Ahsanu Amala, Ahsanu Qaula dan Ahsanu Taqwim.
3.      Tujuan Pendidikan adalah agar dapat menikmati hidupnya dengan penuh rasa tanggung jawab dan mengerti akan tugas dan kewajibannya sebagai individu maupun kelompok dalam masyarakat dan mencapai ridha Allah.
4.      Tujuan pendidikan adalah agar terciptanya kehidupan yang baik, memiliki mentalitas serta menjadi manusia mandiri dalam berkehidupan social dan terlebih lagi di kehidupan yang akan datang.
5.      Tujuan pendidikan adalah membentuk pribadi priiibadi yang mampu mengambangkan dirinya untuk masa depan dirinya kelauarga masyarakat dan bangsa.

D.  Yang Dipelajari Dalam Pendidikan Islam

1.      Ilmu agama
2.      Ilmu Ilmu Umum
Artinya, pendidikan Islam non-dikotomis. Tidak memisahkan antara ilmu-ilmu agama dan umum. Paradigma pendidikan Islam kontemporer integrasi interkoneksi.
3.      Integrasi artinya meyatukan .
4.      Interkoneksi artinya saling terkait dua komponen yang sama-sama penting.

E.  Karakteristik Pendidikan Islam.
1.      Memberikan penyadaran akan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah.
2.      Memberikan penyadaran akan peran dan posisinya sebagai khalifah di bumi.
3.      Dalam prakteknya Non Dikotomis, tidak memisahkan ilmu DUNIAWI dan AGAMA.
4.      Dalam kurikulumnya Integralistik, mengembangkan empat potensi manusia.
5.      Bersumber pada al-Qur’an dan as-sunnah.
6.      Orientasi akhirnya meningkatkan derajad manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS KELAS X BAHASA INDONESIA WAJIB (SMATAQ)

Dalam upaya untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMA Takhassus Al-Qur'an via daring, maka berikut tugas untuk kelas X b...