Sabtu, 13 September 2014

CONTOH RPP TEKS DESKRIPTIF (SMP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Kelas/ Semester
:
VII/ Gasal
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Topik/ Tema
:
Teks Deskripsi
Pertemuan Ke-
:
1-3
Alokasi Waktu
:
6 x 40 menit








A.        Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1   Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
3.1.1      Memahami teks deskriptif baik lisan maupun tertulis.
3.1.2      Memahami struktur teks deskriptif.
3.1.3     Memahami ciri-ciri bahasa teks deskriptif.
4.1    Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1      Mencari dan mengidentifikasi teks deskriptif secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
4.1.2      Menyusun teks deskriptif secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
4.1.3      Mengidentifikasi teks deskriptif secarea mandiri baik lisan maupun tertulis.
4.1.4      Menyusun teks deskriptif secara mandiri baik lisan maupun tertulis.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.    Pertemuan Ke-1 (2 JP)
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·         Memahami teks deskriptif baik lisan maupun tertulis.
·         Memahami struktur teks deskriptif.
·         Memahami ciri-ciri bahasa teks deskriptif.
2.    Pertemuan  Ke-2 (2 JP)
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·         Mencari dan mengidentifikasi teks deskriptif secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
·         Menyusun teks deskriptif secara berkelompok baik lisan maupun tertulis.
3.    Pertemuan Ke-3 (2 JP)
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·         Mengidentifikasi teks deskriptif secarea mandiri baik lisan maupun tertulis.
·         Menyusun teks deskriptif secara mandiri baik lisan maupun tertulis.

D.     Materi Pembelajaran
1.    Pertemuan Ke-1 (2 JP)
·         Teks Deskripsi
-          Tari Saman
2.    Pertemuan Ke-2 (2 JP)
·         Teks Deskripsi
-          Tari Gambyong
3.    Pertemuan Ke-3 (2 JP)
·         Teks Deskripsi
-          Teks berjudul “Beringharjo, Pasar Tradisional Terlengkap di Yogyakarta”.

E.     Metode Pembelajaran
-           Pendekatan           : Scientific
-           Model                     : Pengamatan, diskusi, tanya jawab, dan presentasi.
F.     Alat/Media Dan Sumber Pembelajaran
1.    Media Pembelajaran
·      Power point
·      LCD
·      Leptop
2.    Alat dan bahan
·         LKS
·         Teks Deskriptif
·         Gambar
·         Audio Video
3.    Sumber Belajar
Isnatun, Siti dan Umi Farida. Mahir Berbahasa Indonesia. 2013. Bogor: Yudhistira
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.    Langkah Pembelajaran
1.    Pertemuan Ke-1 (2JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa. Peserta didik merespon salam dan berdoa bersama.
·         Guru melakukan presensi. Peserta didik meresponnya.
·         Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menanggapi pertanyaan dari guru.
·         Guru menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
·         Guru memberikan contoh teks deskriptif kepada peserta didik.
5 menit
Kegiatan Inti
Mengamati:
·         Mengamati contoh teks deskriptif.
Menanya:
·         Menanya tentang cara mendeskripsikan sebuah objek.

Mengeksplorasikan
·         Membaca teks deskripsi dengan cermat.
·         Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil observasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis).
·         Mendiskusikan  struktur isi teks deskripsi.
·         Mendiskusikan  ciri/fitur bahasa teks deskripsi.

Mengasosiasikan
·         Menemukan contoh teks hasil deskripsi  yang mirip

Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur bahasa teks observasi dengan penuh percaya diri
·         Menanggapi hasil presentasi secara santun
·         Saling menilai kebenaran jawaban teman
70 menit
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
·         Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
5 menit
A
2.    Pertemuan Ke-2 (2JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan bedoa bersama.
·         Guru melakukan presensi. Peserta didik merespon guru yang sedang melakukan presensi.
·         Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menaggapi pertanyaan dari guru.
·         Guru menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
5 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Membentuk kelompok diskusi.
·         Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan deskripsi.
·         Mengamati  dan atau membaca objek dengan cermat.

Menanya
·         Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan  langkah menyusun teks deskripsi

Mengeksplorasikan
·         Berkelompok
·         Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·         Menentukan judul tulisan
·         Menulis kalimat topik
·         Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan

Mengomunikasikan
·         Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·         Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan

(1)  Individu

·         Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·         Menentukan judul tulisan
·         Menulis kalimat topik
·         Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan

Mengomunikasikan
·         Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·         Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan
70 menit
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
·         Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
5 menit

3.    Pertemuan Ke-3 (JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan bedoa bersama.
·         Guru melakukan presensi. Peserta didik merespon guru yang sedang melakukan presensi.
·         Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. Peserta didik menaggapi pertanyaan dari guru.
·         Guru menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar,dan Indikator. Peserta didik mendegarkan.
5 menit
Kegiatan Inti
·      ...
70 menit
Mengamati
·         Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan deskripsi
·         Mengamati  dan atau membaca objek dengan cermat

Menanya
·         Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan  langkah menyusun teks deskripsi

Mengeksplorasikan
·         Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·         Menentukan judul tulisan
·         Menulis kalimat topik
·         Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan

Mengomunikasikan
·         Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·         Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan
·         Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·         Menentukan judul tulisan
·         Menulis kalimat topik
·         Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan

Mengomunikasikan
·         Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·         Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan

·         ...
·         ...
·         ...


Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Guru bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
·         Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
5 menit

H.     Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
1.    Jenis/ teknik penilaian
Kompetensi sikap                         : Observasi
Kompetensi pengetahuan                         : Test tertulis
Kompetensi ketrampilan               : Praktikum



2.    Bentuk Instrument
a.    Lembar Pengamatan Sikap pada saat kegiatan KBM
Nama siswa                                    : .........................................
Kelas                                   : .........................................
Tanggal Pengamatan         : .........................................
Materi Pokok                      : .........................................

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
kurang
2
sedang
3
baik
1
2

3


4

Rasa ingin tahu.
Ketelitian dalam melakukan diskusi kelompok.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
Ketrampilan berkomunikasi pada saat pembelajaran.



Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran:
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:






b.    Instrument Penilaian Ketrampilan pada saat KBM
Nama siswa                : .........................................
Kelas                           : .........................................
Tanggal pengamatan  : .........................................
Materi Pokok              : .........................................
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
2

3

4
5
Berani presentasi di depan kelas
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Mampu membuat keputusan dengan cepat
Tidak mudah putus asa/ pantang menyerah




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


c.    Instrument Penilaian Pengetahuan
Instrumen Penilaian
-          Jenis penilaian                    : Tes Tertulis
-          Bentuk instrument              : Essay pendek






Kisi-Kisi Soal
No.
Materi
Indikator
Pencapaian Hasil Belajar
Jumlah Soal
C1
C2
C3





























Jumlah Total





Pedoman Penskoran :





Mengetahui,
Guru Pembimbing



................................
Yogyakarta,                2014

Guru Kelas




................................
NBM :                                                                NIM :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS KELAS X BAHASA INDONESIA WAJIB (SMATAQ)

Dalam upaya untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMA Takhassus Al-Qur'an via daring, maka berikut tugas untuk kelas X b...