RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII/ Gasal
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik/ Tema
|
:
|
Teks Deskripsi
|
Pertemuan Ke-
|
:
|
1-3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 x 40 menit
|
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1
Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
|
3.1.1 Memahami teks
deskriptif baik lisan maupun tertulis.
3.1.2 Memahami
struktur teks deskriptif.
3.1.3 Memahami
ciri-ciri bahasa teks deskriptif.
|
4.1
Menyusun
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
|
4.1.1
Mencari dan mengidentifikasi teks deskriptif secara
berkelompok baik lisan maupun tertulis.
4.1.2
Menyusun teks deskriptif secara berkelompok baik lisan
maupun tertulis.
4.1.3
Mengidentifikasi teks deskriptif secarea mandiri baik
lisan maupun tertulis.
4.1.4
Menyusun teks deskriptif secara mandiri baik lisan
maupun tertulis.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (2
JP)
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·
Memahami teks deskriptif baik lisan maupun tertulis.
·
Memahami struktur teks deskriptif.
·
Memahami ciri-ciri bahasa teks deskriptif.
2.
Pertemuan Ke-2 (2 JP)
Selama dan
setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·
Mencari dan mengidentifikasi teks deskriptif secara
berkelompok baik lisan maupun tertulis.
·
Menyusun teks deskriptif secara berkelompok baik lisan
maupun tertulis.
3.
Pertemuan Ke-3 (2
JP)
Selama dan
setelah proses pembelajaran siswa mampu:
·
Mengidentifikasi teks deskriptif secarea mandiri baik
lisan maupun tertulis.
·
Menyusun teks deskriptif secara mandiri baik lisan maupun
tertulis.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (2 JP)
·
Teks Deskripsi
-
Tari Saman
2.
Pertemuan Ke-2 (2 JP)
·
Teks Deskripsi
-
Tari Gambyong
3.
Pertemuan Ke-3 (2 JP)
·
Teks Deskripsi
-
Teks berjudul
“Beringharjo, Pasar Tradisional Terlengkap di Yogyakarta”.
E.
Metode Pembelajaran
-
Pendekatan :
Scientific
-
Model :
Pengamatan, diskusi, tanya jawab, dan presentasi.
F.
Alat/Media Dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran
·
Power point
·
LCD
·
Leptop
2. Alat dan bahan
·
LKS
·
Teks Deskriptif
·
Gambar
·
Audio Video
3. Sumber Belajar
Isnatun, Siti dan Umi Farida. Mahir Berbahasa Indonesia. 2013. Bogor:
Yudhistira
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan. Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (2JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
membuka pelajaran dengan salam dan doa. Peserta didik merespon salam dan berdoa bersama.
·
Guru
melakukan presensi. Peserta didik meresponnya.
·
Guru
memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
Peserta didik menanggapi
pertanyaan dari guru.
·
Guru
menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Peserta
didik mendegarkan.
·
Guru memberikan contoh teks deskriptif kepada peserta
didik.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati:
·
Mengamati
contoh teks deskriptif.
Menanya:
·
Menanya
tentang cara mendeskripsikan sebuah objek.
Mengeksplorasikan
·
Membaca
teks deskripsi dengan cermat.
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil observasi (pertanyaan literal, inferensial,
integratif, dan kritis).
·
Mendiskusikan
struktur isi teks
deskripsi.
·
Mendiskusikan
ciri/fitur
bahasa
teks deskripsi.
Mengasosiasikan
·
Menemukan contoh teks hasil deskripsi yang mirip
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur bahasa
teks observasi dengan penuh percaya diri
·
Menanggapi hasil presentasi secara santun
·
Saling menilai
kebenaran jawaban teman
|
70 menit
|
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru
dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Guru
bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
·
Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
|
||
Kegiatan Penutup
|
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru
dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Guru
bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
|
5 menit
|
A
2.
Pertemuan Ke-2 (2JP)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
membuka pelajaran dengan salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan
bedoa bersama.
·
Guru
melakukan presensi. Peserta didik merespon guru yang sedang melakukan
presensi.
·
Guru
memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
Peserta didik menaggapi pertanyaan dari guru.
·
Guru
menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Peserta
didik mendegarkan.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
Membentuk kelompok diskusi.
·
Memilih
objek pengamatan
dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan
deskripsi.
·
Mengamati dan atau membaca
objek
dengan cermat.
Menanya
·
Menanya
tentang hal-hal yang berkaitan dengan
langkah menyusun teks deskripsi
Mengeksplorasikan
·
Berkelompok
·
Mengidentifikasi
bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis kalimat topik
·
Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci
sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan
Mengomunikasikan
·
Membacakan
hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·
Memberi
dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan
(1)
Individu
·
Mengidentifikasi
bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis kalimat topik
·
Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci
sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan
Mengomunikasikan
·
Membacakan
hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·
Memberi dan menerima
masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru
dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Guru
bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
·
Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
|
5 menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 (JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
membuka pelajaran dengan salam dan berdoa. Peserta didik merespon salam dan
bedoa bersama.
·
Guru
melakukan presensi. Peserta didik merespon guru yang sedang melakukan
presensi.
·
Guru
memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
Peserta didik menaggapi pertanyaan dari guru.
·
Guru
menyampaikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar,dan Indikator. Peserta didik
mendegarkan.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
·
...
|
70 menit
|
Mengamati
·
Memilih
objek pengamatan
dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan
deskripsi
·
Mengamati dan atau membaca
objek
dengan cermat
Menanya
·
Menanya
tentang hal-hal yang berkaitan dengan
langkah menyusun teks deskripsi
Mengeksplorasikan
·
Mengidentifikasi
bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis kalimat topik
·
Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci
sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan
Mengomunikasikan
·
Membacakan
hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·
Memberi
dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan
·
Mengidentifikasi
bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis kalimat topik
·
Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci
sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan
Mengomunikasikan
·
Membacakan
hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
·
Memberi dan menerima
masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan
|
||
·
...
·
...
·
...
|
||
Kegiatan Penutup
|
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru
dan siswa bersama melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Guru
bersama siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
·
Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa
|
5 menit
|
H.
Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
1.
Jenis/ teknik penilaian
Kompetensi sikap :
Observasi
Kompetensi pengetahuan :
Test tertulis
Kompetensi ketrampilan :
Praktikum
2.
Bentuk Instrument
a.
Lembar Pengamatan Sikap pada saat kegiatan KBM
Nama siswa :
.........................................
Kelas :
.........................................
Tanggal Pengamatan :
.........................................
Materi Pokok :
.........................................
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
||
1
kurang
|
2
sedang
|
3
baik
|
||
1
2
3
4
|
Rasa
ingin tahu.
Ketelitian
dalam melakukan diskusi kelompok.
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
kelompok.
Ketrampilan
berkomunikasi pada saat pembelajaran.
|
|||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran:
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus:

b.
Instrument Penilaian Ketrampilan pada saat KBM
Nama siswa :
.........................................
Kelas :
.........................................
Tanggal pengamatan :
.........................................
Materi Pokok :
.........................................
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
5
|
Berani
presentasi di depan kelas
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Mampu
membuat keputusan dengan cepat
Tidak
mudah putus asa/ pantang menyerah
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus
:

c.
Instrument Penilaian Pengetahuan
Instrumen Penilaian
-
Jenis penilaian :
Tes Tertulis
-
Bentuk instrument : Essay pendek
Kisi-Kisi Soal
No.
|
Materi
|
Indikator
|
Pencapaian Hasil
Belajar
|
Jumlah Soal
|
||
C1
|
C2
|
C3
|
||||
Jumlah Total
|
Pedoman
Penskoran :

Mengetahui,
Guru
Pembimbing
................................
|
Yogyakarta, 2014
Guru Kelas
................................
|
NBM : NIM
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar