LAPORAN
KEGIATAN
PROGRAM
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI
SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
Disusun oleh:
1.
Alivia Novic 11A06045
2.
Ardy Suryantoko 11003146
3.
Devi Bima Arditama 11A06033
4.
Dhewi Handayani 11004245
5.
Dwi Astuti 11004258
6.
Ida Vinny Sudaningsih 11004273
7.
Indah Primaniarta Aji 11003001
8.
Iwan Bachtiar 11004256
9.
Lita Septiani 11003144
10.
Marisna Musyafrudin 11009037
11.
Miko Nugroho 11009041
12.
Murti Sri Rahayu 11A08037
|
13.
Nidya Nurhaida 11004285
14.
Putri Nurmalita Sari 11003064
15.
Rachma Dewi Anjarsari 11A06028
16.
Septiyaningsih 11004255
17.
Setiawan Gusmadi 11009038
18.
Tanjung Rinjani 11A06036
19.
Tedi Hendrawan 11009017
20.
Tyas Erafitrie 11A06041
21.
Vivi Ardyianti Ledy 11A06044
22.
Wahyu Oktamarsetyani 11A06028
23.
Wahyu Sukmajati 11A06032
|
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
2014
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI
SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
Disusun oleh:
1.
Alivia Novic 11A06045
2.
Ardy Suryantoko 11003146
3.
Devi Bima Arditama 11A06033
4.
Dhewi Handayani 11004245
5.
Dwi Astuti 11004258
6.
Ida Vinny Sudaningsih 11004273
7.
Indah Primaniarta Aji 11003001
8.
Iwan Bachtiar 11004256
9.
Lita Septiani 11003144
10.
Marisna Musyafrudin 11009037
11.
Miko Nugroho 11009041
12.
Murti Sri Rahayu 11A08037
|
13.
Nidya Nurhaida 11004285
14.
Putri Nurmalita Sari 11003064
15.
Rachma Dewi Anjarsari 11A06028
16.
Septiyaningsih 11004255
17. Setiawan Gusmadi 11009038
18.
Tanjung Rinjani 11A06036
19.
Tedi Hendrawan 11009017
20.
Tyas Erafitrie 11A06041
21.
Vivi Ardyianti Ledy 11A06044
22.
Wahyu Oktamarsetyani 11A06028
23.
Wahyu Sukmajati 11A06032
|
TELAH DISETUJUI DAN DISAHKAN
PADA TANGGAL 13 SEPTEMBER 2014
OLEH
Kepala SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta
Margono, S.Pd., M.M
NIP: 19641005 198501 1 001
|
Dosen Pembimbing Lapangan
Sucipto, M.Pd., B.I
NIY: 60080555
|
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI
SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
Laporan ini
disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan mata kuliah
Program
Pengalaman Lapangan II.
Laporan ini
telah disetujui dan disahkan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 13 September 2014
Di : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Koordinator Lapangan
Asfandi,
S.Pd,. M.Pd
NBM:
828.977
|
Dosen
Pembimbing Lapangan
Sucipto,
M.Pd., B.I
NIY:
60080555
|
Mengetahui,
|
|
Kepala
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Margono,
S.Pd., M.M
NIP:
19641005 198501 1 001
|
Kepala
Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan FKIP UAD
Drs.
Sunaryo, M.Pd
NIY:
60100619
|
LAPORAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI
SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
Disusun oleh:
1.
Alivia Novic 11A06045
2.
Ardy Suryantoko 11003146
3.
Devi Bima Arditama 11A06033
4.
Dhewi Handayani 11004245
5.
Dwi Astuti 11004258
6.
Ida Vinny Sudaningsih 11004273
7.
Indah Primaniarta Aji 11003001
8.
Iwan Bachtiar 11004256
9.
Lita Septiani 11003144
10.
Marisna Musyafrudin 11009037
11.
Miko Nugroho 11009041
12.
Murti Sri Rahayu 11A08037
|
13.
Nidya Nurhaida 11004285
14.
Putri Nurmalita Sari 11003064
15.
Rachma Dewi Anjarsari 11A06028
16.
Septiyaningsih 11004255
17. Setiawan Gusmadi 11009038
18.
Tanjung Rinjani 11A06036
19.
Tedi Hendrawan 11009017
20.
Tyas Erafitrie 11A06041
21.
Vivi Ardyianti Ledy 11A06044
22.
Wahyu Oktamarsetyani 11A06028
23.
Wahyu Sukmajati 11A06032
|
Diterima dan disahkan oleh dosen
pembimbing.
Yogyakarta,
September 2014
Dosen Pembimbing Lapangan
Sucipto,
M.Pd., B.I
NIY:
60080555
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum w. w.
Segala puji kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa atas limpahan rahmat, karunia serta hidayah-Nya sehingga penyusun
dapat menyelesaikan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW
yang telah membawa perubahan dari zaman kegelapan jahiliyah menuju zaman yang
Insya Allah penuh dengan lampu penerangan ilmu pengetahuan.
Laporan Program Pengalaman Lapangan
ini merupakan tugas akhir dari pelaksanaan PPL bagi mahasiswa semester VII.
Laporan ini memiliki maksud dan tujuan untuk memberi gambaran tentang
pelaksanaan PPL di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Program Pengalaman Lapangan
ini mulai dilaksanakan pada bulan Juli 2014 sampai dengan bulan September 2014.
Kami menyadari bahwa suksesnya pelaksanaan PPL ini berkat bimbingan, dukungan,
dan kerjasama dari berbagai pihak. Dalam kesempatan ini penyusun menyampaikan
rasa terimakasih kepada:
1. Dr. Kasiyarno, M.Hum selaku Rektor UAD Yogyakarta.
2. Drs.
Sunaryo, M.Pd selaku ketua Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan (PPPK)
3. Sucipto,
M.Pd., B.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah mengarahkan kamui
dalam melaksanakan kegiatan PPL ini.
4. Margono,
S.Pd., M.M selaku Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang telah memberi izin
kepada kami dalam melaksanakan PPL.
5. Asfandi,
S.Pd,. M.Pd selaku koordinator PPL SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
6. Seluruh
staf dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang telah membantu
memperlancar terlaksananya program ini.
7. Mahasiswa
PPL Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta atas kerjasamanya dan kekompakannya dalam
menjalankan program sehingga terjalin hubungan yang sinergis dan harmonis.
8. Semua pihak yang telah membantu hingga
terselesaikannya laporan ini.
Banyak
hal tentunya yang dapat kami ambil dari pelaksanaan PPL ini, di antaranya
hubungan silaturahmi yang dapat terjalin dengan baik kepada seluruh civitas SMP
Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Harapan penyusun, dengan adanya PPL ini hubungan
silaturahmi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta dapat terjalin lebih erat serta adanya kerjasama yang saling
menguntungkan untuk pihak Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah
1 Yogyakarta.
Akhirnya
penyusun menyadari bahwa pelaksanaan kegiatan PPL dan laporan ini masih jauh
dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami
harapkan demi kesempurnaan penyusunan laporan ini. Besar harapan kami laporan
ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukannya.
Wassalamualaikum w. w.
Yogyakarta,
September 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
Halam Judul i
Halaman Pengesahan ii
Kata Pengantar v
Daftar Isi vii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah 1
B.
Rumusan Masalah 2
BAB II PROGRAM
PPL
A.
Analisis SWOT 4
1.
Strength 4
2.
Weakness 5
3.
Opportunity 5
4.
Threat 7
B.
Program Praktik
Persekolahan 7
C.
Program Praktik
Pembelajaran 9
BAB III PEMBAHASAN 11
A.
Hasil dan
Pembahasan Praktik Persekolahan 11
B.
Hasil dan
Pembahasan Praktik Pembelajaran 15
C.
Kesimpulan 23
D.
Saran 23
DAFTAR PUSTAKA 26
LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, wajib menyiapkan diri menjadi guru yang
berkompeten dan memiliki profesionalisme tinggi dalam bidang kependidikan. Guru
yang berkompeten dituntut untuk memiliki pemahaman terhadap karakteristik
peserta didik, memiliki penguasaan bidang studi baik dari keilmuan maupun
kependidikan, memiliki kemampuan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
serta memiliki kemauan dan kemampuan mengembangkan profesionalitas dan
kepribadian secara berkelanjutan. Untuk menjadi guru yang berkompeten dan
profesional mahasiswa harus memiliki penguasaan bidang keilmuan dengan mengikuti
perkuliahan sejak semester satu hingga semester lima. Sedangkan untuk
keterampilan mengajar mahasiswa mengikuti mata kuliah Program Pengalaman
Lapangan (PPL) baik itu PPL I (pengajaran
mikro) maupun PPL II.
Program Pengalaman
Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang wajib dilaksanakan
oleh mahasiswa FKIP untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. Kegiatan PPL
mencakup persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan evaluasi pelaksanaan program.
Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk mahasiswa atau calon guru memiliki
kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru profesional.
Kegiatan inti dari Program
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah praktik mengajar di kelas. Praktik
pembelajaran merupakan latihan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa di dalam kelas
mulai dari persiapan (penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran dan materi
pembelajaran), pelaksanaan (penyajian materi sesuai dengan skenario
pembelajaran dan pengkondisian kelas), dan evaluasi (penilian kognitif,
afektif, dan psikomotorik. Maka dari itu, mahasiswa dituntut menguasai materi
yang akan disampaikan, baik teknik penyajian, sikap maupun cara mengajar serta
pengelolaan kelas yang mencerminkan keprofesionalitasan sebagai seorang guru.
Tujuan diadakannya
kegiatan PPL di sekolah antara lain untuk membentuk mahasiswa calon calon guru
yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian islami, sosial,
dan teknologi. Selain itu, kegiatan PPL bertujuan untuk melatih keterampilan
mahasiswa atau calon guru dalam mengajar dan membimbing peserta didik secara
nyata di sekolah serta memberikan pengalaman secara langsung di lapangan. Adapun
manfaat dilaksanakannya kegiatan Program Pengalaman Lapangan bagi mahasiswa
antara lain memiliki pengalaman mengajar di kelas secara nyata, mengetahui
tugas-tugas seorang guru, dan mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan
kegiatan persekolahan.
Melalui kegiatan PPL di
sekolah, mahasiswa atau calon guru dituntut untuk menemukan permasalahan yang
timbul dari proses pembelajaran siswa baik di kelas maupun di luar kelas.
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan diperoleh beberapa hasil antara
lain: (1) siswa kurang mentaati tata tertib sekolah, (2) siswa kurang antusias
terhadap materi pada saat proses pembelajaran, (3) siswa sulit berkonsentrasi
saat pembelajaran, (4) siswa kurang menghormati dan menghargai keberadaan guru
di kelas, (5) siswa kurang menghormati dan menghargai pendapat teman, (6) siswa
sulit bekerjasama dengan teman dalam kelompok diskusi jika bukan teman yang
dikehendakinya.
Melalui program
pengalaman lapangan (PPL), mahasiswa dihadapkan pada pengalaman belajar secara
langsung dan bukan hanya sekedar teoritis. Mahasiswa harus menghadapi sendiri
situasi di lapangan dengan bekal konsep berfikir teoritis yang telah dimiliki untuk
mengelola kegiatan belajar dengan penuh tanggung jawab.
Berdasarkan latar
belakang yang telah diuraikan maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut.
1. Bagaimanakah
keadaan siswa yang kurang mentaati tata tertib sekolah?
2. Bagaimanakah
keadaan siswa yang kurang antusias terhadap materi pada saat proses
pembelajaran?
3. Bagaimanakah
keadaan siswa yang kurang menghormati dan menghargai keberadaan guru dan teman
di dalam kelas?
4. Bagaimanakah
keadaan siswa yang tidak sulit bekerjasama dengan teman dalam kelompok diskusi?
BAB
II
PROGRAM
PPL
A. Analisis SWOT
SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki program rutin untuk menganalisis
menggunakan SWOT (Strength, Weakness,
Opportunity, dan Threat). Berikut
hasil analisis SWOT SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
1.
Strength
a.
Lokasi strategis
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mempunyai posisi yang
strategis yaitu jalan Purwodiningratan Ng.I/902-B Yogyakarta sehingga mudah
dijangkau dan alat transportasi menuju SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta cukup
mudah ditemukan seperti Trans Jogja, bus umum, dll. Selain itu lokasi SMP
Muhammadiyah 1 Yogyakarta dekat dengan malioboro dan nol km yang menjadi
wilayah primadona di Yogyakarta.
b.
Guru dan Karyawan
Jumlah guru yang banyak memudahkan program
pembelajaran berjalan dengan lebih efektif dan terencana dengan baik. Guru di
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berjumlah 56 orang dan 16 orang karyawan. Banyaknya
guru dan karyawan menjadi nilai lebih tersendiri. Selain itu banyak guru yang
berkompeten, memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi sangat memungkinkan
sekolah untuk selalu berkembang mengikuti iklim pendidikan di Indonesia.
c.
Sarana dan prasana lengkap
Terdapat banyak fasilitas di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta seperti lab
IPA, lab TIK, lab bahasa, kantin, ruang pengembangan diri, aula, perpustakaan,
ruang BK, perpustakaan multimedia, ruang pertemuan, green area, lapangan basket, mushola, pendopo dan masih banyak yang
lainnya. Tidak salah jika SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah beberapa kali
mendapatkan penghargaan tingkat nasional.
d.
Ruang multimedia dan meeting yang representatif
Adanya
ruang multimedia dan meeting yang
representatif menjadi salah satu keunggulan dari SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
untuk mengadakan banyak kegiatan dengan nyaman, seperti berbagai macam kegiatan
pelatihan.
e.
Terjalin hubungan yang erat antara guru
dan karyawan
Diadakannya
tadarus pada hari Jumat sebelum dimulainya proses pembelajaran akan menjalin
hubungan yang erat antar guru dan karyawan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Di
samping itu setelah tadarus bersama biasanya akan dilanjut dengan kegiatan
brifing.
f.
Kantin bersih dan sehat
Kantin
di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta bersih dan sehat sehingga sangat nyaman untuk
menikmati jajanan atau makanan ketika waktu istirahat. Terdapat beberapa
penjual yang menjajakan beraneka macam jajanan.
g.
Terdapat Kelas ICT dan Unggulan
Salah
satu yang menjadi kekuatan dan kelebihan dari SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
adalah terdapat kelas ICT dan kelas unggulan. Kelas ICT pembelajarannya
berbasis teknologi informasi, media pembelajaran siswa tidak hanya terpacu
terhadap buku paket, tetapi juga menggunakan internet sebagai pendukung materi
pembelajaran. Selain itu kelas unggulan merupakan kelas yang berbasis
pembelajaran pada bidang bahasa.
2.
Weakness
a. Lahan
Luas
Lahan
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta kurang luas sehingga pada saat upacara
berlangsung terdapat siswa-siswi yang harus berbaris di depan kelas.
b. Lapangan
olahraga
Hanya
terdapat satu lapangan olahraga di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yaitu lapangan
basket sehingga ketika melaksanakan olahraga lain siswa-siswi harus keluar dari
area sekolah, misalnya olahraga sepakbola, lembar lembing, voli, lari, dll.
3.
Opportunity
a. Perhatian
Pemkot terhadap sekolah cukup besar.
SMP
Muhammadiyah 1 Yogyakarta menjadi salah satu SMP favorit di kota Yogyakarta.
Perhatian Pemkot terhadap sekolah salah satunya adalah dengan sering
diadakannya pelatihan-pelatihan untuk guru di sekolah.
b.
Dukungan dari masyarakat sekitar.
Masyarakat
di sekitar SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta banyak memberikan dukungan dalam upaya
meningkatkan keamanan dan ketertiban sekolah sehingga warga sekolah memiliki
hubungan yang erat dengan warga sekitar sekolah.
c.
Memiliki forum MGMP, MKKS, BKS.
Pihak
sekolah memiliki beberapa forum di antaranya MGMP, MMKS, BKS sehingga setiap
guru memiliki wadah yang tepat untuk mengembangkan kemampuan dalam mengajar dan
mudah dalam mendapatkan informasi-informasi penting seputar proses pembelajaran
maupun kurikulum pembelajaran yang digunakan.
d.
Suasana lingkungan kondusif dan agamis
Suasana
lingkungan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sangat kondusif untuk proses
pembelajaran karena banyak terdapat pohon-pohon rindang yang membuat sejuk
lingkungan sekolah. Selain itu juga banyak terdapat bunga-bunga yang indah
dipandang mata. Suasana lingkungan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga agamis
karena merupakan sekolah agamis terbaik di Yogyakarta.
e.
Hubungan pihak sekolah, masyarakat, dan
orang tua siswa harmonis
Terjalin
hubungan yang harmonis antara pihak sekolah, masyarakat, dan orang tua.
Sehingga komunikasi di antara mereka cukup baik. Agenda rutin pertemuan wali
murid dan pihak sekolah menjadi salah satu agenda ritun yang dilaksanakan oleh
sekolah.
f.
Kompetensi guru sangat tinggi
Guru-guru
di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta memliki kompetensi yang sangat tinggi.
Sebagian besar guru-guru di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta lulusan dari Perguruan
Tinggi terkemuka di kota Yogyakarta. Selain terdapat beberapa guru yang sudah
lulus magister, dan beberapa juga sedang dalam proses perkuliahan S2.
4.
Threat
a. Kondisi
lingkungan dalam komplek persekolahan.
Kondisi
lingkungan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berada pada komplek persekolahan yaitu
di sekitar SD Muhammadiyah 1, SD Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 5 sehingga
menyebabkan kondisi lingkungan menjadi kurang kondusif untuk proses
pembelajaran. Selain itu pada pagi dan siang hari terjadi kepadatan pada
lingkungan tersebut dikarenakan banyaknya wali murid yang mengantar dan
menjebut siswa siswi di komplek tersebut.
b.
Kepadatan transportasi menuju lokasi
Posisi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang terletak
di tengah-tengah kota menjadikan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mudah untuk
dijangkau oleh transportasi pribadi maupun umum. Disisi lain kondisi jalan
menuju SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sangat padat karena berada pada jalur
utama Yogyakarta.
B.
Program
Praktik Persekolahan
Selain
mengajar di kelas, mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan. Praktik
persekolahan dilakukan agar mahasiswa mengenal sekolah dan aktivitas keseharian
di sekolah. Praktik persekolahan yang dilakukan mahasiswa antara lain:
observasi kelas, administrasi, bimbingan penyuluhan, perpustakaan, kesiswaan,
dll. Selain itu mahasiswa juga belajar melakukan administrasi sekolah dengan
bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, mahasiswa dapat mengetahui cara
melakukan administrasi sekolah yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROSEM), dan Kriteria
Kentutasan Minimal (KKM), dll. Dengan demikian mahasiswa dapat mengetahui
tugas-tugas administrasi yang harus dilakukan oleh guru. Hal ini memberikan
pengalaman yang berharga dan dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi guru
yang berkualitas pada masa yang akan datang bagi mahasiswa.
Dalam
praktik persekolahan, mahasiswa melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan
dengan aktivitas sekolah, meliputi :
1. Kegiatan piket sekolah
Mahasiswa membantu guru piket merekap
presensi kehadiran siswa dengan mengecek ke setiap kelas, dari kelas VII sampai
IX. Mencatat segala kejadian yang terjadi selama proses pembelajaran, seperti;
mencatat siswa yang terlambat, memberi surat izin bagi siswa yang ingin
meninggalkan kelas, mencatat siswa yang bolos, serta mengisi dan memberikan
tugas apabila ada pelajaran yang kosong.
2. Upacara Bendera.
Mahasiswa turut serta dalam
mengikuti kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan juga upacara
peringatan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2014.
3.
Inventarisasi,
labeling, dan penyampulan buku perpustakaan.
Mahasiswa membantu pustakawan dalam
inventarisasi, labeling buku serta penyampulan buku yang belum disampul atau
mengganti buku yang sampulnya telah rusak, merapikan buku dirak-rak. Serta
membantu siswa dalam hal peminjaman buku pelajaran dan buku non-pelajaran
seperi novel, koran, dll (sirkulasi buku perpustakaan).
4.
Lima
S (5 S).
Mahasiswa membuat jadwal secara
bergantian untuk menyambut kedatangan siswa ke sekolah dengan 5S (Salam, Sapa,
Senyum, Sopan, dan Santun) di depan gerbang sekolah bersama dengan Bapak/ Ibu
guru yang bertugas piket hari itu.
5.
Pesantren
Ramadhan 1435 H.
Mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan
pesantren Ramadhan di sekolah, antara lain mahasiswa medampingi wali kelas
selama mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan, membantu mengatur shaf saat
shalat berjamaah dan shalat tarawih, serta membantu Bapak/ Ibu guru dalam
menyiapkan takjil dan makanan untuk buka puasa peserta didik.
6.
Fortasi
(Forum Ta’aruf dan Silaturahmi).
Mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan
Fortasi (Forum Ta’aruf dan Silaturahmi) yang dilaksanakan sekolah untuk
menyambut kedatangan siswa baru. Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga (3)
hari berturut-turut. Mahasiswa mendampingi dan membantu Bapak/ Ibu serta IPM
dalam pelaksanaan Fortasi (Forum Ta’aruf dan Silaturahmi). Fortasi dilakukan
agar siswa baru dapat mengenal lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, sarana
dan prasarana sekolah, serta mengenal Bapak/ Ibu guru di sekolah.
7.
Peringatan
HUT RI ke-69.
Mahasiswa dan IPM sekolah
mengadakan kegiatan lomba-lomba antar kelas yang diikuti oleh siswa kelas VII
sampai kelas IX. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memeriahkan HUT RI ke-69,
menjalin silaturahmi antar kelas dan antar Bapak/ Ibu guru.
C. Program Praktik Pembelajaran
Praktik
pembelajaran merupakan inti dari kegiatan PPL. Mahasiswa dengan bimbingan dan
arahan dari guru pembimbing untuk dapat mengajar dan mengendalikan kondisi
siswa dengan baik selama proses pembelajaran di kelas. Dari kegiatan praktik
pembelajaran ini diharapkan mahasiswa mampu membentuk pribadi untuk menjadi
guru yang berkualitas.
Mahasiswa
melaksanakan praktik pembelajaran di kelas VII dan kelas VIII. Sesuai dengan
ketentuan dari pihak kampus mahasiswa melakukan dua sampai empat kali observasi
di kelas yang berbeda. Serta melakukan praktik pembelajaran sebanyak lima kali
mengajar di kelas. Sebelum melaksanakan praktik pembelajaran di kelas mahasiswa
diminta untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai materi yang
akan diajarkan di kelas. Selama proses praktik pembelajaran di kelas, mahasiswa
didampingi oleh guru pembimbing sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
Setiap selesai melaksanakan praktik pembelajaran mahasiswa melakukan bimbingan
dengan guru pembimbing untuk mengevaluasi hasil praktik pembelajaran.
BAB
III
PEMBAHASAN
A. Hasil dan Pembahasan Praktik
Persekolahan
Praktik persekolahan
merupakan salah satu agenda wajib yang harus dilakukan oleh semua anggota
kelompok PPL. Dilihat dari sifatnya yang wajib, maka semua anggota kelompok
wajib untuk melaksanakannya. Mulai dari awal penerjunan sampai dengan akhir
penarikan praktikan. Semua hal atau informasi yang didapatkan dan dilakukan
kemudian dibahas serta dibicarakan bersama untuk membuat sebuah kesimpulan
tentang praktik persekolahan. Berikut ini adalah agenda dan hasil dari praktik
persekolahan yang sudah dijalani.
No
|
Hari/Tanggal
|
Nama Kegiatan
|
Hasil
|
1.
|
Sabtu, 12 Juli 2014
|
Penerjunan PPL
|
-
Serah terima mahasiswa PPL kepada pihak sekolah SMP Muhammadiyah
1 Yogyakarta
-
Mahasiswa melakukan observasi di SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta
|
2.
|
Senin-Rabu, 14-16
Juli 2014
|
Upacara
penerimaan siswa baru
|
-
Mahasiswa
berkenalan dengan siswa/ peserta didik baru.
|
Kegiatan Fortasi
|
-
Pengenalan
lingkungan sekolah
-
Pengenalan
Kegiatan Ekstrakurikuler
-
Pembinaan
lomba untuk kelas VII
-
Pelaksanaan
lomba antar kelas VII
|
||
Pembinaan
keislaman
|
-
Tadarus
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
-
Pembiasaan
sholat dzuhur berjamaah
-
Al-Quranisasi
|
||
Pembinaan
keislaman
|
-
Tadarus
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
-
Pembiasaan
sholat dzuhur berjamaah
-
Al-Quranisasi
|
||
3.
|
Kamis-Sabtu,
17-19 Juli 2014
|
Kegiatan
pesantren ramadhan untuk kelas VII, VIII, IX
|
-
Pembinaan
praktek sholat
-
Pembinaan
praktek wudlu
-
Pembinaan
shalat ashar berjamaah
-
Buka
bersama
-
Shalat
maghrib berjamaah
-
Tadarus
|
4.
|
Rabu-Minggu, 14-17 Agustus 2014
|
Persiapan Lomba 17 Agustus
|
-
Rapat pembentukan panitia lomba bersama IPM
-
Pembahasan teknik perlombaan
-
Persiapan alat, bahan, dan tempat untuk persiapan
lomba
|
Pelaksanaan Lomba 17 Agustus
|
-
Pengadaan
lomba-lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-69.
|
||
5.
|
Senin
|
Piket harian
|
-
Melaksanakan
5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-
Presensi
-
Menerima
dan melayani tamu
-
Menegakkan
tata tertib
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Mengisi
kelas kosong
|
Upacara
bendera/breafing
|
-
Meningkatkan rasa nasionalisme
-
Instruksi
kepala sekolah
|
||
Administrasi
perpustakaan
|
-
Menempel
barcode
-
Menyampul
buku
-
Menginventarisasi
buku
-
Menata
buku
|
||
Pembinaan keislaman
|
-
Tadarus
sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai proses pembelajaran
-
Shalat
dhuha
-
Shalat dzuhurr berjamaah
|
||
Ekstrakurikuler
biasa:
1.
Robotic
Ekstrakurikuler
khusus:
1.
MTQ
+ tartil Qur’an
2.
MHQ
3.
Seni
tari
|
-
Mendampingi
kegiatan ekstrakurikuler
|
||
6.
|
Selasa
|
Piket harian
|
-
Melaksanakan
5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-
Presensi
-
Menerima
dan melayani tamu
-
Menegakkan
tata tertib
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Mengisi
kelas kosong
|
Administrasi
perpustakaan
|
-
Menempel
barcode
-
Menyampul
buku
-
Menginventarisasi
buku
-
Menata
buku
|
||
Pembinaan
keislaman
|
-
Tadarus
sebelum proses pembelajaran
-
Shalat
dhuha
-
Pengkondidisn shalat dzuhur berjamaah
|
||
Ekstrakurikuler
biasa:
1.
Voli
2.
Band
3.
Karawitan
Ekstrakurikuler khusus:
1.
Adzan
|
-
Mendampingi
kegiatan ekstrakurikuler
|
||
7.
|
Rabu
|
Piket harian
|
-
Melaksanakan
5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-
Presensi
-
Menerima
dan melayani tamu
-
Menegakkan
tata tertib
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Mengisi
kelas kosong
|
Administrasi
perpustakaan
|
-
Menempel
barcode
-
Menyampul
buku
-
Menginventarisasi
buku
-
Menata
buku
|
||
Pembinaan
keislaman
|
-
Tadarus
sebelum proses pembelajaran
-
Shalat
dhuha
-
Shalat dzuhur berjamaah
|
||
Ekstrakurikuler
biasa:
1.
Paduan
suara atau vocal
2.
Pastama
3.
Membatik
& melukis
|
-
Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
|
||
8.
|
Kamis
|
Piket harian
|
-
Melaksanakan
5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-
Presensi
-
Menerima
dan melayani tamu
-
Menegakkan
tata tertib
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Mengisi
kelas kosong
|
Administrasi perpustakaan
|
-
Menempel
barcode
-
Menyampul
buku
-
Menginventarisasi
buku
-
Menata
buku
|
||
Pembinaan keislaman
|
-
Tadarus
sebelum proses pembelajaran
-
Shalat
dhuha
-
Shalat dzuhur berjamaah
|
||
Ekstrakurikuler
biasa:
1.
Tapak
suci
2.
Jurnalistik
dan buletin
|
-
Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
|
||
9.
|
Jumat
|
Piket harian
|
-
Melaksanakan
5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-
Presensi
-
Menerima
dan melayani tamu
-
Menegakkan
tata tertib
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Mengisi
kelas kosong
|
Administrasi perpustakaan
|
-
Menempel
barcode
-
Menyampul
buku
-
Menginventarisasi
buku
-
Menata
buku
|
||
Pembinaan keislaman
|
-
Tadarus Al-Quran bersama guru dan karyawan
-
Tadarus
sebelum proses pembelajaran
-
Shalat
dhuha
-
Shalat jumat berjamaah
|
||
Ekstrakurikuler
biasa:
1.
Al-Qur’anisasi
2.
Basket
3.
PMR
4.
KIR
5.
English
club
|
-
Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
|
||
10.
|
Sabtu
|
Piket harian
|
-
Melaksanakan
5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-
Presensi
-
Menerima
dan melayani tamu
-
Menegakkan
tata tertib
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Membantu guru piket
-
Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-
Mengisi
kelas kosong
|
Administrasi perpustakaan
|
-
Menempel
barcode
-
Menyampul
buku
-
Menginventarisasi
buku
-
Menata
buku
|
||
Pembinaan keislaman
|
-
Tadarus Al-Quran bersama guru dan karyawan
-
Tadarus
sebelum proses pembelajaran
-
Shalat
dhuha
-
Shalat dzuhur berjamaah
|
||
Ekstrakurikuler:
1.
HW
2.
Fotografi
3.
Editing
video
4.
English
club
Ektrakurikuler
khusus:
1.
Roket
air
|
-
Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
|
Praktik
persekolahan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru agar
dapat memahami aktivitas kependidikan seperti administrasi sekolah, kegiatan
ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah lainnya.
Melalui praktik
persekolahan, calon guru diharapkan dapat mengelola sekolah dengan baik.
Praktik persekolahan yang
dilakukan oleh mahasiswa PPL diantaranya meliputi piket di gerbang 5S (senyum,
salam, sapa, sopan, dan santun), piket di perpustakaan, pengawasan,
pendampingan serta pembimbingan aktivitas ibadah siswa seperti sholat dan
tadarus Al-Quran. Semua aktivitas dilaksanakan secara bergantian oleh seluruh
mahasiswa PPL dengan pengaturan jadwal yang telah disusun.
Di samping aktivitas harian
tersebut, mahasiswa juga melakukan tugas persekolahan yang bersifat insidental
seperti mengisi kelas yang kosong.
Praktik
persekolahan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta terlaksana dengan cukup baik,
seluruh aktivitas administrasi tertangani dengan cukup baik.
Keberadaan mahasiswa PPL
sedikitnya membantu tugas guru
piket
serta meringankan tugas administrasi yang ada di sekolah. Manfaat lain dari dilaksanakannya praktik persekolahan
adalah mahasiswa
PPL dapat
memahami tugas-tugas sekolah
terkait dengan administrasi yang akan menjadi pengetahuan berharga.
B. Hasil dan Pembahasan Praktik Pembelajaran
Praktik pembelajaran
merupakan salah satu hal yang paling inti dan wajib dilakukan oleh semua
anggota kelompok PPL. Praktik pembelajaran menjadi inti dari kegiatan PPL
karena bertujuan untuk mengasah, malatih, dan belajar tentang cara pembelajaran
yang baik dan benar, serta untuk mendapatkan pengalaman langsung di sekolah.
Berhadapan langsung dengan peserta didik dengan cara tatap muka merupakan
agenda yang harus dijalankan oleh mahasiswa PPL sebanyak minimal lima kali.
Berikut adalah agenda praktik mengajar yang sudah dilaksanakan mahasiswa selama
kurang lebih dua bulan PPL di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
No
|
Nama
|
Program Studi
|
Tanggal
|
Kelas
|
PokokMateri
|
1.
|
Dhewi Handayani
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
21-08-2014
|
VII
A
|
Days
and Times
|
22-08-2014
|
VII
C
|
Days
and Times
|
|||
25-08-2014
|
VII
D
|
Times
and Years
|
|||
28-08-2014
|
VII
D
|
Days
and Years
|
|||
29-08-2014
|
VII
B
|
Days
and Years
|
|||
2.
|
Nidya Nurhaida
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
18-08-2014
|
VIII
C
|
Giving
compliment
|
19-08-2014
|
VIII
C
|
Asking
and giving opinion
|
|||
01-09-2014
|
VIII
C
|
Personal
invitation
|
|||
21-08-2014
|
VIIIB
|
Instruction
and Prohibition
|
|||
28-08-2014
|
VIII
B
|
Asking
and giving opinion.
|
|||
22-08-2014
|
VIII
A
|
Asking
and giving opinion
|
|||
29-08-2014
|
VIII
A
|
Personal
invitation
|
|||
29-08-2014
|
VIII
G
|
Instruction
and Prohibition
|
|||
3.
|
Dwi Astuti
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
19-08-2014
|
VIII
B
|
Giving
and responding compliment
|
22-08-2014
|
VIII
G
|
Giving
and responding compliment
|
|||
25-08-2014
|
VIII
C
|
Instruction
and prohibition
|
|||
28-08-2014
|
VIII
A
|
Instruction
and prohibition
|
|||
04-09-2014
|
VIII
A
|
Greeting
Card
|
|||
4.
|
Septiyaningsih
|
Pendidikan
Bahasa Inggris
|
19-08-2014
|
VII
B
|
Days
|
21-08-2014
|
VII
D
|
Days
|
|||
22-08-2014
|
VII
B
|
Months
and Times
|
|||
26-08-2014
|
VII
C
|
Dates,
Months and Years
|
|||
27-08-2014
|
VII
A
|
Dates,
Months and Years
|
|||
5.
|
Iwan Bachtiar
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
12-08-2014
|
VIII
E
|
To
ask for my friends’ attention
To
check if my friends understand me
|
14-08-2014
|
VIII
E
|
To
give my opinion and ask my friends opinions
Show
appreciation to my friends
|
|||
15-08-2014
|
VIII
E
|
To
state and ask if one can do something
|
|||
19-08-2014
|
VIII
E
|
To
state and ask if one can do something
|
|||
21-08-2014
|
VIII
E
|
To
give and respond to instructions
To
give and respond to invitation
|
|||
6.
|
Ida Vinny Sudaningsih
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
19-08-2014
|
VIII
D
|
Invitation
and Greeting Card
|
21-08-2014
|
VIII
D
|
Adverb
of Quantity
|
|||
25-08-2014
|
VIII
D
|
Adverb
of Frequency
|
|||
28-08-2014
|
VIII
D
|
Present
Continuous Tense
|
|||
04-09-2014
|
VIII
D
|
Object
Pronoun
|
|||
7.
|
Wahyu
Sukmajati
|
PendidikanMatematika
|
15-08-2014
|
VIII
C
|
Sistem
Koordinat
|
18-08-2014
|
VIII
C
|
Sistem
Koordinat
|
|||
22-08-2014
|
VIII
C
|
Aljabar
|
|||
29-08-2014
|
VIII
C
|
Aljabar
|
|||
05-09-2014
|
VIII
C
|
Aljabar
|
|||
8.
|
Rachma Dewi Anjarsari
|
PendidikanMatematika
|
13-08-2014
|
VII
A
|
Operasi
Himpunan
|
16-08-2014
|
VII
A
|
Diagram
Venn
|
|||
23-08-2014
|
VII
A
|
Penyelesaian
masalah menggunakan konsep himpunan
|
|||
27-08-2014
|
VII
A
|
Latihan
tentang penerapan Himpunan di permasalahan sehari-hari
|
|||
03-09-2014
|
VII
A
|
Bilangan
(Bilangan Bulat)
|
|||
9.
|
Alivia Novic
|
PendidikanMatematika
|
22-08-2014
|
VII
B
|
Diagram
Venn
|
23-08-2014
|
VII
B
|
Penyelesaian
masalah menggunakan konsep himpunan
|
|||
29-08-2014
|
VII
B
|
Latihan
tentang penerapan Himpunan di permasalahan sehari-hari
|
|||
30-08-2014
|
VII
B
|
Ulangan
Haria Himpunan
|
|||
05-09-2014
|
VII
B
|
Bilangan
(Bilangan Bulat)
|
|||
10.
|
Vivi
Ardiyanti Ledy
|
PendidikanMatematika
|
21-08-2014
|
VIII
F
|
Penjumlahan
dan pengurangan aljabar
|
16-08-2014
|
VIII
G
|
Pengenalan
Aljabar
|
|||
23-08-2014
|
VIII
G
|
Penjumlahan
dan pengurangan aljabar
|
|||
30-08-2014
|
VIII
G
|
Latihan
Penjumlahan dan pengurangan aljabar
|
|||
04-09-2014
|
VIII
F
|
Perkalian
ALjabar
|
|||
11.
|
Tyas
Erafitrie
|
PendidikanMatematika
|
13-08-2014
|
VIII A
|
Memahami
posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan terhadap titik tertentu (a,b)
|
25-08-2014
|
VIII A
|
Mengenal
bentuk aljabar
|
|||
27-08-2014
|
VIII A
|
Penjumlahan
bentuk aljabar
|
|||
01-09-2014
|
VIII A
|
Perkalian
bentuk aljabar
|
|||
03-09-2014
|
VIII A
|
Pembagian
bentuk aljabar
|
|||
12.
|
Devi
Bima Arditama
|
PendidikanMatematika
|
22-08-2014
|
VIII
H
|
Suku,
konstanta, variable. Koefisien
|
23-08-2014
|
VIII
H
|
Penjumlahan
dan pengurangan aljabar
|
|||
29-08-2014
|
VIII
H
|
Perkalian
bentuk aljabar
|
|||
30-08-2014
|
VIII
H
|
Pembagian
bentuk Aljabar
|
|||
04–09–2014
|
VIII
F
|
Perkalian
bentuk aljabar
|
|||
13.
|
Ardy Suryantoko
|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
18-08-2014
|
VII
B
|
Pengertian
Teks Dekripsi, Struktur Teks Deskripsi
dan Ciri-ciri Teks Deskripsi
|
21-08-2014
|
VII
B
|
Struktur
teks deskripsi dan membuat teks deskripsi secara berkelompok.
|
|||
01-09-2014
|
VII
B
|
Ciri-ciri
teks deskripsi dan membuat teks deskripsi secara mandiri
|
|||
03-09-2014
|
VII
B
|
Pengertian
teks deskripsi, ciri-ciri dan struktur teks eksposisi
|
|||
04-09-2014
|
VII
B
|
Membuat
teks deskripsi secara berkelompok, mengulang pengertian dan struktur teks
deskripsi
|
|||
14.
|
Lita Septiani
|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
28-08-2014
|
VIII
C
|
Menyusun
teks cerita tabel
|
30-08-2014
|
VIII
D
|
Mengklasifikasi
cerita moral atau fabel
|
|||
01-09-2014
|
VIII
A
|
Menelaah
cerita dan merevisi teks cerita moral atau fabel
|
|||
04-09-2014
|
VIII
D
|
Mengidentifikasi
struktur isi teks ulasan
|
|||
05-09-2014
|
VIII
C
|
Menangkap
makna teks ulasan
|
|||
15.
|
Putri Nurmalita Sari
|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
19-08-2014
|
VII
A
|
Teks
Tanggapan Deskriptif
(Struktur
teks tanggapan deskriptif)
|
21-08-2014
|
VII
A
|
Teks
Tanggapan Deskriptif
(Menyusun
teks tanggapan deskriptif secara berkelompok)
|
|||
01-09-2014
|
VII
A
|
Menyusun
teks deskripsi secara berkelompok
Kata
sifat dan kata benda
|
|||
03-09-2014
|
VII
A
|
Teks
eksposisi
struktur
teks eksposisi
kalimat
argumentasi
|
|||
04-09-2014
|
VII
A
|
Menulis
teks tanggapan deskripsi secara mandiri
|
|||
16.
|
Indah Primaniarta Aji
|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
26-08-2014
|
VIII
A
|
Menyususn
teks fable sesuai dengan karakteristik teks
|
30-08-2014
|
VIII
C
|
Mengklasifikasi
teks cerita moral
|
|||
01-09-2014
|
VIII
D
|
Menelaah
dan merevisi teks fable sesuai dengan struktur dan kaidah teks
|
|||
04-09-2014
|
VIII
C
|
Mengidentifikasi
struktur isi teks ulasan
|
|||
06-09-2014
|
VIII
D
|
Menangkap
makna teks ulasan
|
|||
17.
|
Tedi Hendrawan
|
Pkn
|
14-08-2014
|
VII
B
|
Sejarah
perumusan pancasila
|
16-08-2014
|
VII
E
|
Sejarah
perumusan pancasila
|
|||
18-08-2014
|
VII
C
|
Sejarah
perumusan pancasila
|
|||
19-08-2014
|
VII
A
|
Sejarah
perumusan pancasila
|
|||
19-08-2014
|
VII
D
|
Sejarah
perumusan pancasila
|
|||
26-08-2014
|
VII
B dan
VII
A
|
Sejarah
pengesahan pancasila
|
|||
28-08-2014
|
VII
B
|
Sejarah
pengesahan pancasila
|
|||
30-08-2014
|
VII
A
|
Ulangan
Harian Bab 1
|
|||
01-09-2014
|
VII
E dan
VII
C
|
Ulangan
Harian Bab 1
|
|||
03-09-2014
|
VII
B
|
Ulangan
Harian Bab 1
|
|||
04-09-2014
|
VII
B
|
Sejarah
perumusan UUD 45
|
|||
18.
|
Miko Nugroho
|
Pkn
|
19-08-2014
|
VIII
A
|
Lembaga-lembaga
negara Indonesia
|
23-08-2014
|
VIII
C
|
Lembaga-lembaga
negara Indonesia
|
|||
30-08-2014
|
VIII
F
|
Lembaga-lembaga
negara Indonesia
|
|||
23-082014
|
VIII
G
|
Lembaga-lembaga
negara Indonesia
|
|||
30-08-2014
|
VIII
C
|
Lembaga-lembaga
negara Indonesia
|
|||
19.
|
Setiawan Gusmadi
|
Pkn
|
20-08-2014
|
VIII E
|
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
|
20-08-2014
|
VIII B
|
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
|
|||
21-08-2014
|
VIII H
|
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
|
|||
22-08-2014
|
VIII D
|
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
|
|||
27-08-2014
|
VIII E
|
Lembaga-lembaga negara
|
|||
27-08-2014
|
VIII B
|
Lembaga-lembaga negara
|
|||
28-08-2014
|
VIII H
|
Lembaga-lembaga negara
|
|||
29-08-2014
|
VIII D
|
Lembaga-lembaga negara
|
|||
20.
|
Marisna Musyafrudin
|
Pkn
|
23-08-2014
|
VII
E
|
Perumusan
Pancasila
|
26-08-2014
|
VII
A
|
Perumusan
Pancasila
|
|||
28-08-2014
|
VII
B
|
Perumusan
Pancasila
|
|||
29-08-2014
|
VII
C
|
Perumusan
Pancasila
|
|||
08-09-2014
|
VII
E
|
Perumusan
Pancasila dan Pengesahan UUD RI 1945
|
|||
21.
|
Wahyu Oktamarsetyani
|
Pendidikan Biologi
|
19-08-2014
|
VII
C
|
Klasifikasi
benda
ciri-ciri
makhluk hidup
|
21-08-2014
|
VII
F
|
Klasifikasi
benda
ciri-ciri
makhluk hidup
|
|||
21-08-2014
|
VII
C
|
Klasifikasi
makhluk hidup
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
|||
22-08-2014
|
VII
D
|
Klasifikasi
makhluk hidup
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
|||
22-08-2014
|
VII
D
|
Larutan
asam dan basa
|
|||
26-08-2014
|
VII
C
|
Larutan
asam dan basa
|
|||
03-09-2014
|
VII
C
|
Ulangan
Harian
|
|||
03-09-2014
|
VII
E
|
Latihan
Soal
|
|||
04-09-2014
|
VII
E
|
Klasifikasi
makhluk hidup
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
|||
22.
|
Tanjung Rinjani
|
Pendidikan Biologi
|
27-08-2014
|
VII
C
|
Klasifikasi
makhluk hidup
|
27-08-2014
|
VII
F
|
Larutan
Asam Basa
Klasifikasi
makhluk hidup
|
|||
28-08-2014
|
VII
F
|
Binomial
nomenclature
Kunci
dikotomi
|
|||
28-08-2014
|
VII
C
|
Binomial
nomenclature
|
|||
29-08-2014
|
VII
D
|
Klasifikasi
makhluk hidup
Binomial
nomenclature
|
|||
23.
|
Murti Sri Rahayu
|
Pendidikan Biologi
|
30-08-2014
|
VII
D
|
Fungi
Klasifikasi
tumbuhan
|
02-09-2014
|
VII
C
|
Klasifikasi
tumbuhan
|
|||
03-09-2014
|
VII
C
|
Klasifikasi
hewan
|
|||
03-09-2014
|
VII
F
|
Makhluk
mikroskopis (Fungi)
Klasifikasi
tumbuhan
|
|||
04-09-2014
|
VII
F
|
Klasifikasi
hewan
|
Kegiatan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa PPL
merupakan salah satu agenda dan syarat yang harus dipenuhi oleh semua angota
kelompok. Praktik ini meliputi pembelajaran yang terencana dan pembelajaran
yang tidak terencana. Praktik pembelajaran yang terencana merupakan praktik
yang wajib didokumentasikan oleh mahasiswa. Praktik pembelajaran terencana
diawali dengan observasi kelas sebanyak dua kali, kemudian disusul dengan
praktik mengajar sebanyak atau minimal lima kali.
Pengaturan teknis pelaksanaan
diatur oleh pihak sekolah dengan guru pembimbing masing-masing sesuai dengan
situasi dan kondisi di sekolah. Praktik pembelajaran yang terencana ini diawali
dengan pemberian tugas dari guru pembimbing, penyusunan perangkat pembelajaran
oleh praktikan dengan berkonsultasi pada guru pembimbing, pelaksanaan praktik
mengajar, dan evaluasi pembelajaran.
Dalam prosesnya,
mahasiswa sudah melaksanakan dua kali observasi kelas bersama guru pembimbing
dan sudah memenuhi syarat pertemuan lima kali tatap muka di kelas. Materi
pembelajaran yang disampaikan kepada siswa juga merupakan hasil dari
kesepakatan mahasiswa dengan guru pembimbingnya yang sesuai dengan silabus
pembelajaran. Dalam praktik pembelajaran guru pembimbing mengamati cara
pembelajaran yang disampaikan oleh mahasiswa di kelas, adapun tentang
kekurangan atau kelebihan selanjutnya menjadi bahan evaluasi setelah proses
pembelajaran selesai.
Praktik pembelajaran
yang tidak terencana merupakan salah satu praktik pembelajaran yang tidak wajib
untuk didokumentasikan. Praktik pembelajaran ini biasanya dadakan atau tidak
diduga sebelumnya, sering terjadi apabila ada salah seorang guru yang
berhalangan hadir di sekolah. Praktik pembelajaran ini bisa dari guru
pembimbing yang mengampu mata pelajaran yang sama, atau bahkan guru yang
berbeda mata pelajaran.
Pada akhirnya praktikan
atau mahasiswa harus bisa melaksanakan praktik mengajar yang terencana ataupun
praktik mengajar yang tidak terencana. Karena menjadi seorang pendidik harus
siap dalam situasi kondisi apapun, dan terlebih lagi tugas lain dari seorang
pendidik adalah selalu belajar.
C. Kesimpulan
Secara
keseluruahan kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Ahmad
Dahlan Yogyakarta di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta selama kurang lebih dua bulan
sangat memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut tak lain adalah pengalaman
yang sangat berharga dan bekal untuk menambah pengetahuan tentang kegiatan di
persekolahan. Pengalaman ini merupakan awal mahasiswa PPL untuk menjadi seorang
pendidik profesional yang diharapkan mampu bersaing secara sehat dalam dunia
pendidikan.
D. Saran
Setelah
menyelesaikan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta, mahasiswa praktikan telah mendapat banyak sekali pengalaman tentang
bagaimana cara mengajar dan bagaimana menjadi guru yang baik, tetapi hasil dari
PPL masih jauh dari harapan dan kurang maksimal. Oleh karena itu ada beberapa
saran yang akan disampaikan pada laporan ini yaitu sebagai berikut:
1.
Saran
untuk Fakultas
a. Perlunya
penambahan tatap muka pada saat micro
teaching, sehingga pada saat PPL mahasiswa praktikan akan lebih terlatih
dan terdidik.
b. Perlunya
koordinasi dan saling komunikasi antara pihak kampus dan sekolah serta terhadap
siswa, terutama masalah pelaksanaan program PPL sehingga tidak terjadi
kesimpangsiuran dalam pelaksanaannya.
c. Perlunya
sosialisasi Kurikulum yang sedang berlaku (Kurikulum 2013) pada saat micro teaching sehingga pada saat PPL
mahasiswa lebih siap dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
2.
Mahasiswa
a. Mahasiswa
praktikan hendaknya meningkatkan kualitas dalam mengajar.
b. Mahasiswa
praktikan hendaknya lebih aktif dalam lingkungan persekolahan.
c. Mahasiswa
praktikan hendaknya memiliki niat yang kuat dalam melaksanakan setiap kegiatan.
3.
DPL
a. DPL
diharapkan lebih banyak memberikan bimbingan dan masukan untuk mahasiswa PPL,
terutama dalam praktik mengajar dan hubungan dengan pihak sekolah.
b. DPL
diharapkan lebih memperhatikan perkembangan mahasiswa PPL.
4.
Saran
untuk SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Berdasarkan
observasi persekolahan, kami mencoba memberikan masukan yang mungkin dapat
membantu dalam proses belajar mengajar, saran yang dapat kami berikan sebagai
berikut:
Ø Secara edukatif
a. Hubungan
kekeluargaan yang baik dan harmonis antar komponen sekolah harus tetap
dipertahankan dan dijaga keutuhannya.
b. Tata
tertib yang telah ditetapkan cukup baik terlebih jika peraturan tersebut selalu
dapat ditegakkan. Dengan itu peserta didik pun mampu unggul dalam prestasi
akademik, prestasi kepribadian, dan tingkah lakunya.
c. Penghijauan
harus tetap dijaga keberadaannya dan dilestarikan.
d. Adakan
hukuman yang tegas dan mendidik terhadap siswa-siswa yang bermasalah.
e. Perlunya
diadakan penyuluhan-penyuluhan tentang “Bahaya Obat-Obatan terlarang serta
Bahaya Pergaulan Bebas”.
f. Perlunya
ditambah jam tatap muka Bimbingan Konseling dengan siswa dalam kelas.
g. Perlunya
pemberian motivasi terhadap siswa untuk memanfaatkan perpustakaan.
Ø Secara fasilitas
a. Ketersediaan
air yang tidak stabil sehingga ketika air dibutuhkan menyulitkan pengguna air.
b. Pengelolaan
perpustakaan sudah cukup baik tetapi masih kurang adanya pengadaan tempat.
DAFTAR
PUSTAKA
Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan. 2014. Pedoman Pelaksanaan Program Pengalaman
Lapangan (PPL) Pembelajaran. Yogyakarta: PPPK FKIP UAD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar