Senin, 24 Agustus 2015

CONTOH LAPORAN PPL UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA TAHUN 2014



LAPORAN KEGIATAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA


Disusun oleh:
1.      Alivia Novic                     11A06045
2.      Ardy Suryantoko              11003146
3.      Devi Bima Arditama         11A06033
4.      Dhewi Handayani             11004245
5.      Dwi Astuti                        11004258
6.      Ida Vinny Sudaningsih     11004273
7.      Indah Primaniarta Aji       11003001
8.      Iwan Bachtiar                   11004256
9.      Lita Septiani                      11003144
10.  Marisna Musyafrudin        11009037
11.  Miko Nugroho                  11009041
12.  Murti Sri Rahayu              11A08037
13.  Nidya Nurhaida                11004285
14.  Putri Nurmalita Sari          11003064
15.  Rachma Dewi Anjarsari    11A06028
16.  Septiyaningsih                   11004255
17.  Setiawan Gusmadi            11009038
18.  Tanjung Rinjani                 11A06036
19.  Tedi Hendrawan               11009017
20.  Tyas Erafitrie                    11A06041
21.  Vivi Ardyianti Ledy         11A06044
22.  Wahyu Oktamarsetyani    11A06028
23.  Wahyu Sukmajati              11A06032


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
2014
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
Disusun oleh:
1.      Alivia Novic                    11A06045
2.      Ardy Suryantoko             11003146
3.      Devi Bima Arditama        11A06033
4.      Dhewi Handayani            11004245
5.      Dwi Astuti                       11004258
6.      Ida Vinny Sudaningsih    11004273
7.      Indah Primaniarta Aji      11003001
8.      Iwan Bachtiar                  11004256
9.      Lita Septiani                    11003144
10.  Marisna Musyafrudin      11009037
11.  Miko Nugroho                 11009041
12.  Murti Sri Rahayu             11A08037
13.  Nidya Nurhaida                11004285
14.  Putri Nurmalita Sari          11003064
15.  Rachma Dewi Anjarsari    11A06028
16.  Septiyaningsih                   11004255
17.  Setiawan Gusmadi            11009038
18.  Tanjung Rinjani                 11A06036
19.  Tedi Hendrawan               11009017
20.  Tyas Erafitrie                     11A06041
21.  Vivi Ardyianti Ledy         11A06044
22.  Wahyu Oktamarsetyani     11A06028
23.  Wahyu Sukmajati              11A06032

TELAH DISETUJUI DAN DISAHKAN
PADA TANGGAL 13 SEPTEMBER 2014
OLEH

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta



Margono, S.Pd., M.M
NIP: 19641005 198501 1 001
Dosen Pembimbing Lapangan



Sucipto, M.Pd., B.I
NIY: 60080555



HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan mata kuliah
Program Pengalaman Lapangan II.

Laporan ini telah disetujui dan disahkan pada:
Hari          : Sabtu
Tanggal     : 13 September 2014
Di             : SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
  Koordinator Lapangan



Asfandi, S.Pd,. M.Pd
NBM: 828.977
Dosen Pembimbing Lapangan



Sucipto, M.Pd., B.I
NIY: 60080555

Mengetahui,
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta



Margono, S.Pd., M.M
NIP: 19641005 198501 1 001
Kepala Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan FKIP UAD



Drs. Sunaryo, M.Pd
NIY: 60100619



LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Disusun oleh:

1.      Alivia Novic                    11A06045
2.      Ardy Suryantoko             11003146
3.      Devi Bima Arditama        11A06033
4.      Dhewi Handayani            11004245
5.      Dwi Astuti                       11004258
6.      Ida Vinny Sudaningsih    11004273
7.      Indah Primaniarta Aji      11003001
8.      Iwan Bachtiar                  11004256
9.      Lita Septiani                    11003144
10.  Marisna Musyafrudin      11009037
11.  Miko Nugroho                 11009041
12.  Murti Sri Rahayu             11A08037
13.  Nidya Nurhaida                11004285
14.  Putri Nurmalita Sari          11003064
15.  Rachma Dewi Anjarsari    11A06028
16.  Septiyaningsih                   11004255
17.  Setiawan Gusmadi            11009038
18.  Tanjung Rinjani                 11A06036
19.  Tedi Hendrawan               11009017
20.  Tyas Erafitrie                     11A06041
21.  Vivi Ardyianti Ledy         11A06044
22.  Wahyu Oktamarsetyani     11A06028
23.  Wahyu Sukmajati              11A06032

Diterima dan disahkan oleh dosen pembimbing.

Yogyakarta,    September 2014
Dosen Pembimbing Lapangan


Sucipto, M.Pd., B.I
NIY: 60080555



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum w. w.
            Segala puji kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, karunia serta hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa perubahan dari zaman kegelapan jahiliyah menuju zaman yang Insya Allah penuh dengan lampu penerangan ilmu pengetahuan.
            Laporan Program Pengalaman Lapangan ini merupakan tugas akhir dari pelaksanaan PPL bagi mahasiswa semester VII. Laporan ini memiliki maksud dan tujuan untuk memberi gambaran tentang pelaksanaan PPL di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Program Pengalaman Lapangan ini mulai dilaksanakan pada bulan Juli 2014 sampai dengan bulan September 2014. Kami menyadari bahwa suksesnya pelaksanaan PPL ini berkat bimbingan, dukungan, dan kerjasama dari berbagai pihak. Dalam kesempatan ini penyusun menyampaikan rasa terimakasih kepada:
1.      Dr. Kasiyarno, M.Hum selaku Rektor UAD Yogyakarta.
2.      Drs. Sunaryo, M.Pd selaku ketua Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan (PPPK)
3.      Sucipto, M.Pd., B.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah mengarahkan kamui dalam melaksanakan kegiatan PPL ini.
4.      Margono, S.Pd., M.M selaku Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang telah memberi izin kepada kami dalam melaksanakan PPL.
5.      Asfandi, S.Pd,. M.Pd selaku koordinator PPL SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
6.      Seluruh staf dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang telah membantu memperlancar terlaksananya program ini.
7.      Mahasiswa PPL Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta atas kerjasamanya dan kekompakannya dalam menjalankan program sehingga terjalin hubungan yang sinergis dan harmonis.
8.      Semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya laporan ini.

Banyak hal tentunya yang dapat kami ambil dari pelaksanaan PPL ini, di antaranya hubungan silaturahmi yang dapat terjalin dengan baik kepada seluruh civitas SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Harapan penyusun, dengan adanya PPL ini hubungan silaturahmi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dapat terjalin lebih erat serta adanya kerjasama yang saling menguntungkan untuk pihak Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Akhirnya penyusun menyadari bahwa pelaksanaan kegiatan PPL dan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan penyusunan laporan ini. Besar harapan kami laporan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukannya.
Wassalamualaikum w. w.

Yogyakarta,  September 2014



Penyusun










DAFTAR ISI

Halam Judul                                                                                                    i
Halaman Pengesahan                                                                                      ii
Kata Pengantar                                                                                               v
Daftar Isi                                                                                                         vii

BAB I             PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah                                                   1
B.     Rumusan Masalah                                                             2

BAB II                        PROGRAM PPL
A.    Analisis SWOT                                                                 4
1.      Strength                                                                4
2.      Weakness                                                              5
3.      Opportunity                                                          5
4.      Threat                                                                    7
B.     Program Praktik Persekolahan                                          7
C.     Program Praktik Pembelajaran                                          9
BAB III          PEMBAHASAN                                                                    11
A.    Hasil dan Pembahasan Praktik Persekolahan                    11
B.     Hasil dan Pembahasan Praktik Pembelajaran                   15
C.     Kesimpulan                                                                       23
D.    Saran                                                                                 23

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                26
LAMPIRAN




BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, wajib menyiapkan diri menjadi guru yang berkompeten dan memiliki profesionalisme tinggi dalam bidang kependidikan. Guru yang berkompeten dituntut untuk memiliki pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, memiliki penguasaan bidang studi baik dari keilmuan maupun kependidikan, memiliki kemampuan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik serta memiliki kemauan dan kemampuan mengembangkan profesionalitas dan kepribadian secara berkelanjutan. Untuk menjadi guru yang berkompeten dan profesional mahasiswa harus memiliki penguasaan bidang keilmuan dengan mengikuti perkuliahan sejak semester satu hingga semester lima. Sedangkan untuk keterampilan mengajar mahasiswa mengikuti mata kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) baik itu PPL I (pengajaran  mikro) maupun PPL II.
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. Kegiatan PPL mencakup persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan evaluasi pelaksanaan program. Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk mahasiswa atau calon guru memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru profesional.
Kegiatan inti dari Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah praktik mengajar di kelas. Praktik pembelajaran merupakan latihan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa di dalam kelas mulai dari persiapan (penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran dan materi pembelajaran), pelaksanaan (penyajian materi sesuai dengan skenario pembelajaran dan pengkondisian kelas), dan evaluasi (penilian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Maka dari itu, mahasiswa dituntut menguasai materi yang akan disampaikan, baik teknik penyajian, sikap maupun cara mengajar serta pengelolaan kelas yang mencerminkan keprofesionalitasan sebagai seorang guru.
Tujuan diadakannya kegiatan PPL di sekolah antara lain untuk membentuk mahasiswa calon calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian islami, sosial, dan teknologi. Selain itu, kegiatan PPL bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa atau calon guru dalam mengajar dan membimbing peserta didik secara nyata di sekolah serta memberikan pengalaman secara langsung di lapangan. Adapun manfaat dilaksanakannya kegiatan Program Pengalaman Lapangan bagi mahasiswa antara lain memiliki pengalaman mengajar di kelas secara nyata, mengetahui tugas-tugas seorang guru, dan mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan persekolahan.
Melalui kegiatan PPL di sekolah, mahasiswa atau calon guru dituntut untuk menemukan permasalahan yang timbul dari proses pembelajaran siswa baik di kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan diperoleh beberapa hasil antara lain: (1) siswa kurang mentaati tata tertib sekolah, (2) siswa kurang antusias terhadap materi pada saat proses pembelajaran, (3) siswa sulit berkonsentrasi saat pembelajaran, (4) siswa kurang menghormati dan menghargai keberadaan guru di kelas, (5) siswa kurang menghormati dan menghargai pendapat teman, (6) siswa sulit bekerjasama dengan teman dalam kelompok diskusi jika bukan teman yang dikehendakinya.
Melalui program pengalaman lapangan (PPL), mahasiswa dihadapkan pada pengalaman belajar secara langsung dan bukan hanya sekedar teoritis. Mahasiswa harus menghadapi sendiri situasi di lapangan dengan bekal konsep berfikir teoritis yang telah dimiliki untuk mengelola kegiatan belajar dengan penuh tanggung jawab.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1.      Bagaimanakah keadaan siswa yang kurang mentaati tata tertib sekolah?
2.      Bagaimanakah keadaan siswa yang kurang antusias terhadap materi pada saat proses pembelajaran?
3.      Bagaimanakah keadaan siswa yang kurang menghormati dan menghargai keberadaan guru dan teman di dalam kelas?
4.      Bagaimanakah keadaan siswa yang tidak sulit bekerjasama dengan teman dalam kelompok diskusi?



























BAB II
PROGRAM PPL
A.  Analisis SWOT
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki program rutin untuk menganalisis menggunakan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Berikut hasil analisis SWOT SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
1.    Strength
a.         Lokasi strategis
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mempunyai posisi yang strategis yaitu jalan Purwodiningratan Ng.I/902-B Yogyakarta sehingga mudah dijangkau dan alat transportasi menuju SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta cukup mudah ditemukan seperti Trans Jogja, bus umum, dll. Selain itu lokasi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dekat dengan malioboro dan nol km yang menjadi wilayah primadona di Yogyakarta.
b.        Guru dan Karyawan
Jumlah guru yang banyak memudahkan program pembelajaran berjalan dengan lebih efektif dan terencana dengan baik. Guru di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berjumlah 56 orang dan 16 orang karyawan. Banyaknya guru dan karyawan menjadi nilai lebih tersendiri. Selain itu banyak guru yang berkompeten, memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi sangat memungkinkan sekolah untuk selalu berkembang mengikuti iklim pendidikan di Indonesia.
c.         Sarana dan prasana lengkap
Terdapat banyak fasilitas  di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta seperti lab IPA, lab TIK, lab bahasa, kantin, ruang pengembangan diri, aula, perpustakaan, ruang BK, perpustakaan multimedia, ruang pertemuan, green area, lapangan basket, mushola, pendopo dan masih banyak yang lainnya. Tidak salah jika SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan tingkat nasional.
d.        Ruang multimedia dan meeting yang representatif
Adanya ruang multimedia dan meeting yang representatif menjadi salah satu keunggulan dari SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk mengadakan banyak kegiatan dengan nyaman, seperti berbagai macam kegiatan pelatihan.
e.         Terjalin hubungan yang erat antara guru dan karyawan
Diadakannya tadarus pada hari Jumat sebelum dimulainya proses pembelajaran akan menjalin hubungan yang erat antar guru dan karyawan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Di samping itu setelah tadarus bersama biasanya akan dilanjut dengan kegiatan brifing.
f.         Kantin bersih dan sehat
Kantin di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta bersih dan sehat sehingga sangat nyaman untuk menikmati jajanan atau makanan ketika waktu istirahat. Terdapat beberapa penjual yang menjajakan beraneka macam jajanan.
g.        Terdapat Kelas ICT dan Unggulan
Salah satu yang menjadi kekuatan dan kelebihan dari SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah terdapat kelas ICT dan kelas unggulan. Kelas ICT pembelajarannya berbasis teknologi informasi, media pembelajaran siswa tidak hanya terpacu terhadap buku paket, tetapi juga menggunakan internet sebagai pendukung materi pembelajaran. Selain itu kelas unggulan merupakan kelas yang berbasis pembelajaran pada bidang bahasa.
2.      Weakness
a.       Lahan Luas
Lahan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta kurang luas sehingga pada saat upacara berlangsung terdapat siswa-siswi yang harus berbaris di depan kelas.
b.      Lapangan olahraga
Hanya terdapat satu lapangan olahraga di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yaitu lapangan basket sehingga ketika melaksanakan olahraga lain siswa-siswi harus keluar dari area sekolah, misalnya olahraga sepakbola, lembar lembing, voli, lari, dll.
3.      Opportunity
a.       Perhatian Pemkot terhadap sekolah cukup besar.
SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menjadi salah satu SMP favorit di kota Yogyakarta. Perhatian Pemkot terhadap sekolah salah satunya adalah dengan sering diadakannya pelatihan-pelatihan untuk guru di sekolah.
b.        Dukungan dari masyarakat sekitar.
Masyarakat di sekitar SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta banyak memberikan dukungan dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban sekolah sehingga warga sekolah memiliki hubungan yang erat dengan warga sekitar sekolah.
c.         Memiliki forum MGMP, MKKS, BKS.
Pihak sekolah memiliki beberapa forum di antaranya MGMP, MMKS, BKS sehingga setiap guru memiliki wadah yang tepat untuk mengembangkan kemampuan dalam mengajar dan mudah dalam mendapatkan informasi-informasi penting seputar proses pembelajaran maupun kurikulum pembelajaran yang digunakan.
d.        Suasana lingkungan kondusif dan agamis
Suasana lingkungan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sangat kondusif untuk proses pembelajaran karena banyak terdapat pohon-pohon rindang yang membuat sejuk lingkungan sekolah. Selain itu juga banyak terdapat bunga-bunga yang indah dipandang mata. Suasana lingkungan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga agamis karena merupakan sekolah agamis terbaik di Yogyakarta.
e.         Hubungan pihak sekolah, masyarakat, dan orang tua siswa harmonis
Terjalin hubungan yang harmonis antara pihak sekolah, masyarakat, dan orang tua. Sehingga komunikasi di antara mereka cukup baik. Agenda rutin pertemuan wali murid dan pihak sekolah menjadi salah satu agenda ritun yang dilaksanakan oleh sekolah.
f.         Kompetensi guru sangat tinggi
Guru-guru di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta memliki kompetensi yang sangat tinggi. Sebagian besar guru-guru di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta lulusan dari Perguruan Tinggi terkemuka di kota Yogyakarta. Selain terdapat beberapa guru yang sudah lulus magister, dan beberapa juga sedang dalam proses perkuliahan S2.
4.      Threat
a.       Kondisi lingkungan dalam komplek persekolahan.
Kondisi lingkungan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berada pada komplek persekolahan yaitu di sekitar SD Muhammadiyah 1, SD Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 5 sehingga menyebabkan kondisi lingkungan menjadi kurang kondusif untuk proses pembelajaran. Selain itu pada pagi dan siang hari terjadi kepadatan pada lingkungan tersebut dikarenakan banyaknya wali murid yang mengantar dan menjebut siswa siswi di komplek tersebut.
b.        Kepadatan transportasi menuju lokasi
Posisi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang terletak di tengah-tengah kota menjadikan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mudah untuk dijangkau oleh transportasi pribadi maupun umum. Disisi lain kondisi jalan menuju SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sangat padat karena berada pada jalur utama Yogyakarta.

B.       Program Praktik Persekolahan
Selain mengajar di kelas, mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan. Praktik persekolahan dilakukan agar mahasiswa mengenal sekolah dan aktivitas keseharian di sekolah. Praktik persekolahan yang dilakukan mahasiswa antara lain: observasi kelas, administrasi, bimbingan penyuluhan, perpustakaan, kesiswaan, dll. Selain itu mahasiswa juga belajar melakukan administrasi sekolah dengan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, mahasiswa dapat mengetahui cara melakukan administrasi sekolah yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROSEM), dan Kriteria Kentutasan Minimal (KKM), dll. Dengan demikian mahasiswa dapat mengetahui tugas-tugas administrasi yang harus dilakukan oleh guru. Hal ini memberikan pengalaman yang berharga dan dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi guru yang berkualitas pada masa yang akan datang bagi mahasiswa.
Dalam praktik persekolahan, mahasiswa melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas sekolah, meliputi :
1.      Kegiatan piket sekolah
Mahasiswa membantu guru piket merekap presensi kehadiran siswa dengan mengecek ke setiap kelas, dari kelas VII sampai IX. Mencatat segala kejadian yang terjadi selama proses pembelajaran, seperti; mencatat siswa yang terlambat, memberi surat izin bagi siswa yang ingin meninggalkan kelas, mencatat siswa yang bolos, serta mengisi dan memberikan tugas apabila ada pelajaran yang kosong.
2.      Upacara Bendera.
Mahasiswa turut serta dalam mengikuti kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan juga upacara peringatan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2014.   
3.      Inventarisasi, labeling, dan penyampulan buku perpustakaan.
Mahasiswa membantu pustakawan dalam inventarisasi, labeling buku serta penyampulan buku yang belum disampul atau mengganti buku yang sampulnya telah rusak, merapikan buku dirak-rak. Serta membantu siswa dalam hal peminjaman buku pelajaran dan buku non-pelajaran seperi novel, koran, dll (sirkulasi buku perpustakaan).
4.      Lima S (5 S).
Mahasiswa membuat jadwal secara bergantian untuk menyambut kedatangan siswa ke sekolah dengan 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun) di depan gerbang sekolah bersama dengan Bapak/ Ibu guru yang bertugas piket hari itu.
5.      Pesantren Ramadhan 1435 H.
Mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan pesantren Ramadhan di sekolah, antara lain mahasiswa medampingi wali kelas selama mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan, membantu mengatur shaf saat shalat berjamaah dan shalat tarawih, serta membantu Bapak/ Ibu guru dalam menyiapkan takjil dan makanan untuk buka puasa peserta didik.
6.      Fortasi (Forum Ta’aruf dan Silaturahmi).
Mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan Fortasi (Forum Ta’aruf dan Silaturahmi) yang dilaksanakan sekolah untuk menyambut kedatangan siswa baru. Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga (3) hari berturut-turut. Mahasiswa mendampingi dan membantu Bapak/ Ibu serta IPM dalam pelaksanaan Fortasi (Forum Ta’aruf dan Silaturahmi). Fortasi dilakukan agar siswa baru dapat mengenal lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, sarana dan prasarana sekolah, serta mengenal Bapak/ Ibu guru di sekolah.
7.      Peringatan HUT RI ke-69.
Mahasiswa dan IPM sekolah mengadakan kegiatan lomba-lomba antar kelas yang diikuti oleh siswa kelas VII sampai kelas IX. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memeriahkan HUT RI ke-69, menjalin silaturahmi antar kelas dan antar Bapak/ Ibu guru.

C.  Program Praktik Pembelajaran
Praktik pembelajaran merupakan inti dari kegiatan PPL. Mahasiswa dengan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing untuk dapat mengajar dan mengendalikan kondisi siswa dengan baik selama proses pembelajaran di kelas. Dari kegiatan praktik pembelajaran ini diharapkan mahasiswa mampu membentuk pribadi untuk menjadi guru yang berkualitas.
Mahasiswa melaksanakan praktik pembelajaran di kelas VII dan kelas VIII. Sesuai dengan ketentuan dari pihak kampus mahasiswa melakukan dua sampai empat kali observasi di kelas yang berbeda. Serta melakukan praktik pembelajaran sebanyak lima kali mengajar di kelas. Sebelum melaksanakan praktik pembelajaran di kelas mahasiswa diminta untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai materi yang akan diajarkan di kelas. Selama proses praktik pembelajaran di kelas, mahasiswa didampingi oleh guru pembimbing sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Setiap selesai melaksanakan praktik pembelajaran mahasiswa melakukan bimbingan dengan guru pembimbing untuk mengevaluasi hasil praktik pembelajaran.





























BAB III
PEMBAHASAN

A.  Hasil dan Pembahasan Praktik Persekolahan
Praktik persekolahan merupakan salah satu agenda wajib yang harus dilakukan oleh semua anggota kelompok PPL. Dilihat dari sifatnya yang wajib, maka semua anggota kelompok wajib untuk melaksanakannya. Mulai dari awal penerjunan sampai dengan akhir penarikan praktikan. Semua hal atau informasi yang didapatkan dan dilakukan kemudian dibahas serta dibicarakan bersama untuk membuat sebuah kesimpulan tentang praktik persekolahan. Berikut ini adalah agenda dan hasil dari praktik persekolahan yang sudah dijalani.
No
Hari/Tanggal
Nama Kegiatan
Hasil
1.
Sabtu, 12 Juli 2014
Penerjunan PPL
-        Serah terima mahasiswa PPL kepada pihak sekolah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
-        Mahasiswa melakukan observasi di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
2.
Senin-Rabu, 14-16 Juli 2014
Upacara penerimaan siswa baru
-        Mahasiswa berkenalan dengan siswa/ peserta didik baru.
Kegiatan Fortasi
-        Pengenalan lingkungan sekolah
-        Pengenalan Kegiatan Ekstrakurikuler
-        Pembinaan lomba untuk kelas VII
-        Pelaksanaan lomba antar kelas VII
Pembinaan keislaman
-        Tadarus sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
-        Pembiasaan sholat dzuhur berjamaah
-        Al-Quranisasi
Pembinaan keislaman
-        Tadarus sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
-        Pembiasaan sholat dzuhur berjamaah
-        Al-Quranisasi
3.
Kamis-Sabtu, 17-19 Juli 2014
Kegiatan pesantren ramadhan untuk kelas VII, VIII, IX
-        Pembinaan praktek sholat
-        Pembinaan praktek wudlu
-        Pembinaan shalat ashar berjamaah
-        Buka bersama
-        Shalat maghrib berjamaah
-        Tadarus
4.
Rabu-Minggu, 14-17 Agustus 2014
Persiapan Lomba 17 Agustus
-        Rapat pembentukan panitia lomba bersama IPM
-        Pembahasan teknik perlombaan
-        Persiapan alat, bahan, dan tempat untuk persiapan lomba
Pelaksanaan Lomba 17 Agustus
-        Pengadaan lomba-lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-69.
5.
Senin
Piket harian
-        Melaksanakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-        Presensi
-        Menerima dan melayani tamu
-        Menegakkan tata tertib
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Mengisi kelas kosong
Upacara bendera/breafing
-        Meningkatkan rasa nasionalisme
-        Instruksi kepala sekolah
Administrasi perpustakaan
-        Menempel barcode
-        Menyampul buku
-        Menginventarisasi buku
-        Menata buku
Pembinaan keislaman
-        Tadarus sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai proses pembelajaran
-        Shalat dhuha
-        Shalat dzuhurr berjamaah
Ekstrakurikuler biasa:
1.      Robotic
Ekstrakurikuler khusus:
1.      MTQ + tartil Qur’an
2.      MHQ
3.      Seni tari
-        Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
6.
Selasa
Piket harian
-        Melaksanakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-        Presensi
-        Menerima dan melayani tamu
-        Menegakkan tata tertib
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Mengisi kelas kosong
Administrasi perpustakaan
-        Menempel barcode
-        Menyampul buku
-        Menginventarisasi buku
-        Menata buku
Pembinaan keislaman
-        Tadarus sebelum proses pembelajaran
-        Shalat dhuha
-        Pengkondidisn shalat dzuhur berjamaah
Ekstrakurikuler biasa:
1.      Voli
2.      Band
3.      Karawitan
Ekstrakurikuler khusus:
1.      Adzan
-        Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
7.
Rabu
Piket harian
-        Melaksanakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-        Presensi
-        Menerima dan melayani tamu
-        Menegakkan tata tertib
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Mengisi kelas kosong
Administrasi perpustakaan
-        Menempel barcode
-        Menyampul buku
-        Menginventarisasi buku
-        Menata buku
Pembinaan keislaman
-        Tadarus sebelum proses pembelajaran
-        Shalat dhuha
-        Shalat dzuhur berjamaah
Ekstrakurikuler biasa:
1.      Paduan suara atau vocal
2.      Pastama
3.      Membatik & melukis
-        Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
8.
Kamis
Piket harian
-        Melaksanakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-        Presensi
-        Menerima dan melayani tamu
-        Menegakkan tata tertib
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Mengisi kelas kosong
Administrasi perpustakaan
-        Menempel barcode
-        Menyampul buku
-        Menginventarisasi buku
-        Menata buku
Pembinaan keislaman
-        Tadarus sebelum proses pembelajaran
-        Shalat dhuha
-        Shalat dzuhur berjamaah
Ekstrakurikuler biasa:
1.      Tapak suci
2.      Jurnalistik dan buletin
-        Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
9.
Jumat
Piket harian
-        Melaksanakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-        Presensi
-        Menerima dan melayani tamu
-        Menegakkan tata tertib
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Mengisi kelas kosong
Administrasi perpustakaan
-        Menempel barcode
-        Menyampul buku
-        Menginventarisasi buku
-        Menata buku
Pembinaan keislaman
-        Tadarus Al-Quran bersama guru dan karyawan
-        Tadarus sebelum proses pembelajaran
-        Shalat dhuha
-        Shalat jumat berjamaah
Ekstrakurikuler biasa:
1.      Al-Qur’anisasi
2.      Basket
3.      PMR
4.      KIR
5.      English club
-        Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler
10.
Sabtu
Piket harian
-        Melaksanakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
-        Presensi
-        Menerima dan melayani tamu
-        Menegakkan tata tertib
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Membantu guru piket
-        Memberi izin siswa keluar masuk sekolah
-        Mengisi kelas kosong
Administrasi perpustakaan
-        Menempel barcode
-        Menyampul buku
-        Menginventarisasi buku
-        Menata buku
Pembinaan keislaman
-        Tadarus Al-Quran bersama guru dan karyawan
-        Tadarus sebelum proses pembelajaran
-        Shalat dhuha
-        Shalat dzuhur berjamaah

Ekstrakurikuler:
1.      HW
2.      Fotografi
3.      Editing video
4.      English club
Ektrakurikuler khusus:
1.      Roket air
-        Mendampingi kegiatan ekstrakurikuler

Praktik persekolahan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru agar dapat memahami aktivitas kependidikan seperti administrasi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah lainnya. Melalui praktik persekolahan, calon guru diharapkan dapat mengelola sekolah dengan baik. Praktik persekolahan yang dilakukan oleh mahasiswa PPL diantaranya meliputi piket di gerbang 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), piket di perpustakaan, pengawasan, pendampingan serta pembimbingan aktivitas ibadah siswa seperti sholat dan tadarus Al-Quran. Semua aktivitas dilaksanakan secara bergantian oleh seluruh mahasiswa PPL dengan pengaturan jadwal yang telah disusun. Di samping aktivitas harian tersebut, mahasiswa juga melakukan tugas persekolahan yang bersifat insidental seperti mengisi kelas yang kosong.
Praktik persekolahan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta terlaksana dengan cukup baik, seluruh aktivitas administrasi tertangani dengan cukup baik. Keberadaan mahasiswa PPL sedikitnya membantu tugas guru piket serta meringankan tugas administrasi yang ada di sekolah. Manfaat lain dari dilaksanakannya praktik persekolahan adalah mahasiswa PPL dapat memahami tugas-tugas sekolah terkait dengan administrasi yang akan menjadi pengetahuan berharga.

B.  Hasil dan Pembahasan Praktik Pembelajaran
Praktik pembelajaran merupakan salah satu hal yang paling inti dan wajib dilakukan oleh semua anggota kelompok PPL. Praktik pembelajaran menjadi inti dari kegiatan PPL karena bertujuan untuk mengasah, malatih, dan belajar tentang cara pembelajaran yang baik dan benar, serta untuk mendapatkan pengalaman langsung di sekolah. Berhadapan langsung dengan peserta didik dengan cara tatap muka merupakan agenda yang harus dijalankan oleh mahasiswa PPL sebanyak minimal lima kali. Berikut adalah agenda praktik mengajar yang sudah dilaksanakan mahasiswa selama kurang lebih dua bulan PPL di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
No
Nama
Program Studi
Tanggal
Kelas
PokokMateri
1.
Dhewi Handayani
Pendidikan Bahasa Inggris
21-08-2014
VII A
Days and Times
22-08-2014
VII C
Days and Times
25-08-2014
VII D
Times and Years
28-08-2014
VII D
Days and Years
29-08-2014
VII B
Days and Years
2.
Nidya Nurhaida
Pendidikan Bahasa Inggris
18-08-2014
VIII C
Giving compliment
19-08-2014
VIII C
Asking and giving opinion
01-09-2014
VIII C
Personal invitation
21-08-2014
VIIIB
Instruction and Prohibition
28-08-2014
VIII B
Asking and giving opinion.
22-08-2014
VIII A
Asking and giving opinion
29-08-2014
VIII A
Personal invitation
29-08-2014
VIII G
Instruction and Prohibition
3.
Dwi Astuti
Pendidikan Bahasa Inggris
19-08-2014
VIII B
Giving and responding compliment
22-08-2014
VIII G
Giving and responding compliment
25-08-2014
VIII C
Instruction and prohibition
28-08-2014
VIII A
Instruction and prohibition
04-09-2014
VIII A
Greeting Card
4.
Septiyaningsih
Pendidikan
Bahasa Inggris
19-08-2014
VII B
Days
21-08-2014
VII D
Days
22-08-2014
VII B
Months and Times
26-08-2014
VII C
Dates, Months and Years
27-08-2014
VII A
Dates, Months and Years
5.
Iwan Bachtiar
Pendidikan Bahasa Inggris
12-08-2014
VIII E
To ask for my friends’ attention
To check if my friends understand me
14-08-2014
VIII E
To give my opinion and ask my friends opinions
Show appreciation to my friends
15-08-2014
VIII E
To state and ask if one can do something
19-08-2014
VIII E
To state and ask if one can do something
21-08-2014
VIII E
To give and respond to instructions
To give and respond to invitation
6.
Ida Vinny Sudaningsih
Pendidikan Bahasa Inggris
19-08-2014
VIII D
Invitation and Greeting Card
21-08-2014
VIII D
Adverb of Quantity
25-08-2014
VIII D
Adverb of Frequency
28-08-2014
VIII D
Present Continuous Tense
04-09-2014
VIII D
Object Pronoun
7.
Wahyu Sukmajati
PendidikanMatematika
15-08-2014
VIII C
Sistem Koordinat
18-08-2014
VIII C
Sistem Koordinat
22-08-2014
VIII C
Aljabar
29-08-2014
VIII C
Aljabar
05-09-2014
VIII C
Aljabar
8.
Rachma Dewi Anjarsari
PendidikanMatematika
13-08-2014
VII A
Operasi Himpunan
16-08-2014
VII A
Diagram Venn
23-08-2014
VII A
Penyelesaian masalah menggunakan konsep himpunan
27-08-2014
VII A
Latihan tentang penerapan Himpunan di permasalahan sehari-hari
03-09-2014
VII A
Bilangan (Bilangan Bulat)
9.
Alivia Novic
PendidikanMatematika
22-08-2014
VII B
Diagram Venn
23-08-2014
VII B
Penyelesaian masalah menggunakan konsep himpunan
29-08-2014
VII B
Latihan tentang penerapan Himpunan di permasalahan sehari-hari
30-08-2014
VII B
Ulangan Haria Himpunan
05-09-2014
VII B
Bilangan (Bilangan Bulat)
10.
Vivi Ardiyanti Ledy
PendidikanMatematika
21-08-2014
VIII F
Penjumlahan dan pengurangan aljabar
16-08-2014
VIII G
Pengenalan Aljabar
23-08-2014
VIII G
Penjumlahan dan pengurangan aljabar
30-08-2014
VIII G
Latihan Penjumlahan dan pengurangan aljabar
04-09-2014
VIII F
Perkalian ALjabar
11.
Tyas Erafitrie
PendidikanMatematika
13-08-2014
VIII A
Memahami posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan terhadap titik tertentu (a,b)
25-08-2014
VIII A
Mengenal bentuk aljabar
27-08-2014
VIII A
Penjumlahan bentuk aljabar
01-09-2014
VIII A
Perkalian bentuk aljabar
03-09-2014
VIII A
Pembagian bentuk aljabar
12.
Devi Bima Arditama
PendidikanMatematika
22-08-2014
VIII H
Suku, konstanta, variable. Koefisien
23-08-2014
VIII H
Penjumlahan dan pengurangan aljabar
29-08-2014
VIII H
Perkalian bentuk aljabar
30-08-2014
VIII H
Pembagian bentuk Aljabar
04–09–2014
VIII F
Perkalian bentuk aljabar
13.
Ardy Suryantoko
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
18-08-2014
VII B
Pengertian Teks Dekripsi, Struktur  Teks Deskripsi dan Ciri-ciri Teks Deskripsi
21-08-2014
VII B
Struktur teks deskripsi dan membuat teks deskripsi secara berkelompok.
01-09-2014
VII B
Ciri-ciri teks deskripsi dan membuat teks deskripsi secara mandiri
03-09-2014
VII B
Pengertian teks deskripsi, ciri-ciri dan struktur teks eksposisi
04-09-2014


VII B
Membuat teks deskripsi secara berkelompok, mengulang pengertian dan struktur teks deskripsi
14.
Lita Septiani
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia








28-08-2014
VIII C
Menyusun teks cerita tabel
30-08-2014
VIII D
Mengklasifikasi cerita moral atau fabel
01-09-2014
VIII A
Menelaah cerita dan merevisi teks cerita moral atau fabel
04-09-2014
VIII D
Mengidentifikasi struktur isi teks ulasan
05-09-2014
VIII C
Menangkap makna teks ulasan
15.
Putri Nurmalita Sari
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

19-08-2014
VII A
Teks Tanggapan Deskriptif
(Struktur teks tanggapan deskriptif)
21-08-2014
VII A
Teks Tanggapan Deskriptif
(Menyusun teks tanggapan deskriptif secara berkelompok)
01-09-2014
VII A
Menyusun teks deskripsi secara berkelompok
Kata sifat dan kata benda
03-09-2014
VII A
Teks eksposisi
struktur teks eksposisi
kalimat argumentasi
04-09-2014
VII A
Menulis teks tanggapan deskripsi secara mandiri
16.
Indah Primaniarta Aji
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

26-08-2014
VIII A
Menyususn teks fable sesuai dengan karakteristik teks
30-08-2014
VIII C
Mengklasifikasi teks cerita moral
01-09-2014
VIII D
Menelaah dan merevisi teks fable sesuai dengan struktur dan kaidah teks
04-09-2014
VIII C
Mengidentifikasi struktur isi teks ulasan
06-09-2014
VIII D
Menangkap makna teks ulasan
17.
Tedi Hendrawan
Pkn
14-08-2014
VII B
Sejarah perumusan pancasila
16-08-2014
VII E
Sejarah perumusan pancasila
18-08-2014
VII C
Sejarah perumusan pancasila
19-08-2014
VII A
Sejarah perumusan pancasila
19-08-2014
VII D
Sejarah perumusan pancasila
26-08-2014
VII B dan
VII A
Sejarah pengesahan pancasila
28-08-2014
VII B
Sejarah pengesahan pancasila
30-08-2014
VII A
Ulangan Harian Bab 1
01-09-2014
VII E dan
VII C
Ulangan Harian Bab 1
03-09-2014
VII B
Ulangan Harian Bab 1
04-09-2014
VII B
Sejarah perumusan UUD 45
18.
Miko Nugroho
Pkn
19-08-2014
VIII A
Lembaga-lembaga negara Indonesia
23-08-2014
VIII C
Lembaga-lembaga negara Indonesia
30-08-2014
VIII F
Lembaga-lembaga negara Indonesia
23-082014
VIII G
Lembaga-lembaga negara Indonesia
30-08-2014
VIII C
Lembaga-lembaga negara Indonesia
19.
Setiawan Gusmadi
Pkn
20-08-2014
VIII E
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
20-08-2014
VIII B
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
21-08-2014
VIII H
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
22-08-2014
VIII D
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
27-08-2014
VIII E
Lembaga-lembaga negara
27-08-2014
VIII B
Lembaga-lembaga negara
28-08-2014
VIII H
Lembaga-lembaga negara
29-08-2014
VIII D
Lembaga-lembaga negara
20.
Marisna Musyafrudin

Pkn
23-08-2014
VII E
Perumusan Pancasila
26-08-2014
VII A
Perumusan Pancasila
28-08-2014
VII B
Perumusan Pancasila
29-08-2014
VII C
Perumusan Pancasila
08-09-2014
VII E
Perumusan Pancasila dan Pengesahan UUD RI 1945
21.
Wahyu Oktamarsetyani
Pendidikan Biologi
19-08-2014
VII C
Klasifikasi benda
ciri-ciri makhluk hidup
21-08-2014
VII F
Klasifikasi benda
ciri-ciri makhluk hidup
21-08-2014
VII C
Klasifikasi makhluk hidup
Ciri-ciri makhluk hidup
22-08-2014
VII D
Klasifikasi makhluk hidup
Ciri-ciri makhluk hidup
22-08-2014
VII D
Larutan asam dan basa
26-08-2014
VII C
Larutan asam dan basa
03-09-2014
VII C
Ulangan Harian
03-09-2014
VII E
Latihan Soal
04-09-2014
VII E
Klasifikasi makhluk hidup
Ciri-ciri makhluk hidup
22.
Tanjung Rinjani
Pendidikan Biologi
27-08-2014
VII C
Klasifikasi makhluk hidup
27-08-2014
VII F
Larutan Asam Basa
Klasifikasi makhluk hidup
28-08-2014
VII F
Binomial nomenclature
Kunci dikotomi
28-08-2014
VII C
Binomial nomenclature
29-08-2014
VII D
Klasifikasi makhluk hidup
Binomial nomenclature
23.
Murti Sri Rahayu
Pendidikan Biologi
30-08-2014
VII D
Fungi
Klasifikasi tumbuhan
02-09-2014
VII C
Klasifikasi tumbuhan
03-09-2014
VII C
Klasifikasi hewan
03-09-2014
VII F
Makhluk mikroskopis (Fungi)
Klasifikasi tumbuhan
04-09-2014
VII F
Klasifikasi hewan

Kegiatan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa PPL merupakan salah satu agenda dan syarat yang harus dipenuhi oleh semua angota kelompok. Praktik ini meliputi pembelajaran yang terencana dan pembelajaran yang tidak terencana. Praktik pembelajaran yang terencana merupakan praktik yang wajib didokumentasikan oleh mahasiswa. Praktik pembelajaran terencana diawali dengan observasi kelas sebanyak dua kali, kemudian disusul dengan praktik mengajar sebanyak atau minimal lima kali.
Pengaturan teknis pelaksanaan diatur oleh pihak sekolah dengan guru pembimbing masing-masing sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolah. Praktik pembelajaran yang terencana ini diawali dengan pemberian tugas dari guru pembimbing, penyusunan perangkat pembelajaran oleh praktikan dengan berkonsultasi pada guru pembimbing, pelaksanaan praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran.
Dalam prosesnya, mahasiswa sudah melaksanakan dua kali observasi kelas bersama guru pembimbing dan sudah memenuhi syarat pertemuan lima kali tatap muka di kelas. Materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa juga merupakan hasil dari kesepakatan mahasiswa dengan guru pembimbingnya yang sesuai dengan silabus pembelajaran. Dalam praktik pembelajaran guru pembimbing mengamati cara pembelajaran yang disampaikan oleh mahasiswa di kelas, adapun tentang kekurangan atau kelebihan selanjutnya menjadi bahan evaluasi setelah proses pembelajaran selesai.
Praktik pembelajaran yang tidak terencana merupakan salah satu praktik pembelajaran yang tidak wajib untuk didokumentasikan. Praktik pembelajaran ini biasanya dadakan atau tidak diduga sebelumnya, sering terjadi apabila ada salah seorang guru yang berhalangan hadir di sekolah. Praktik pembelajaran ini bisa dari guru pembimbing yang mengampu mata pelajaran yang sama, atau bahkan guru yang berbeda mata pelajaran.
Pada akhirnya praktikan atau mahasiswa harus bisa melaksanakan praktik mengajar yang terencana ataupun praktik mengajar yang tidak terencana. Karena menjadi seorang pendidik harus siap dalam situasi kondisi apapun, dan terlebih lagi tugas lain dari seorang pendidik adalah selalu belajar.
C.  Kesimpulan
Secara keseluruahan kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta selama kurang lebih dua bulan sangat memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut tak lain adalah pengalaman yang sangat berharga dan bekal untuk menambah pengetahuan tentang kegiatan di persekolahan. Pengalaman ini merupakan awal mahasiswa PPL untuk menjadi seorang pendidik profesional yang diharapkan mampu bersaing secara sehat dalam dunia pendidikan.
D.  Saran
Setelah menyelesaikan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, mahasiswa praktikan telah mendapat banyak sekali pengalaman tentang bagaimana cara mengajar dan bagaimana menjadi guru yang baik, tetapi hasil dari PPL masih jauh dari harapan dan kurang maksimal. Oleh karena itu ada beberapa saran yang akan disampaikan pada laporan ini yaitu sebagai berikut:
1.    Saran untuk Fakultas
a.    Perlunya penambahan tatap muka pada saat micro teaching, sehingga pada saat PPL mahasiswa praktikan akan lebih terlatih dan terdidik.
b.    Perlunya koordinasi dan saling komunikasi antara pihak kampus dan sekolah serta terhadap siswa, terutama masalah pelaksanaan program PPL sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran dalam pelaksanaannya.
c.    Perlunya sosialisasi Kurikulum yang sedang berlaku (Kurikulum 2013) pada saat micro teaching sehingga pada saat PPL mahasiswa lebih siap dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
2.    Mahasiswa
a.    Mahasiswa praktikan hendaknya meningkatkan kualitas dalam mengajar.
b.    Mahasiswa praktikan hendaknya lebih aktif dalam lingkungan persekolahan.
c.    Mahasiswa praktikan hendaknya memiliki niat yang kuat dalam melaksanakan setiap kegiatan.
3.    DPL
a.    DPL diharapkan lebih banyak memberikan bimbingan dan masukan untuk mahasiswa PPL, terutama dalam praktik mengajar dan hubungan dengan pihak sekolah.
b.    DPL diharapkan lebih memperhatikan perkembangan mahasiswa PPL.
4.    Saran untuk SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Berdasarkan observasi persekolahan, kami mencoba memberikan masukan yang mungkin dapat membantu dalam proses belajar mengajar, saran yang dapat kami berikan sebagai berikut:
Ø Secara edukatif
a.    Hubungan kekeluargaan yang baik dan harmonis antar komponen sekolah harus tetap dipertahankan dan dijaga keutuhannya.
b.    Tata tertib yang telah ditetapkan cukup baik terlebih jika peraturan tersebut selalu dapat ditegakkan. Dengan itu peserta didik pun mampu unggul dalam prestasi akademik, prestasi kepribadian, dan tingkah lakunya.
c.       Penghijauan harus tetap dijaga keberadaannya dan dilestarikan.
d.      Adakan hukuman yang tegas dan mendidik terhadap siswa-siswa yang bermasalah.
e.       Perlunya diadakan penyuluhan-penyuluhan tentang “Bahaya Obat-Obatan terlarang serta Bahaya Pergaulan Bebas”.
f.       Perlunya ditambah jam tatap muka Bimbingan Konseling dengan siswa dalam kelas.
g.      Perlunya pemberian motivasi terhadap siswa untuk memanfaatkan perpustakaan.
Ø Secara fasilitas
a.       Ketersediaan air yang tidak stabil sehingga ketika air dibutuhkan menyulitkan pengguna air.
b.      Pengelolaan perpustakaan sudah cukup baik tetapi masih kurang adanya pengadaan tempat.
DAFTAR PUSTAKA

Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan. 2014. Pedoman Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Pembelajaran. Yogyakarta: PPPK FKIP UAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS KELAS X BAHASA INDONESIA WAJIB (SMATAQ)

Dalam upaya untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMA Takhassus Al-Qur'an via daring, maka berikut tugas untuk kelas X b...